Ciamis Masih Kekurangan 1000 Ekor Sapi, Domba dan Kambing Suplus

- 20 Juni 2022, 21:47 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan sapi di kandang milik peternak di wilayah Ciamis, Kabupaten Ciamis. Hewan ternak tersebut dipersiapkan untuk kurban, beberapa waktu lalu.
Petugas melakukan pemeriksaan sapi di kandang milik peternak di wilayah Ciamis, Kabupaten Ciamis. Hewan ternak tersebut dipersiapkan untuk kurban, beberapa waktu lalu. /Nurhandoko/Pikiran Rakyat

PRIANGANTIMURNEWS - Maraknya Penaykit Mulut dan Kuku (PMK) berdampak kepada kurangnya pasokan sapi untuk korban di daerah.

Begitu pula dengan yang terjadi di Kabupaten Ciamis, jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H Kebupaten Ciamis masih kekurangan sapi hampir 1.000 ekor.

Namun untuk persediaan domba dan kambing di Kabupaten Ciamis justru sebaliknya surplus.

Baca Juga: Dua Orang Bobotoh Meninggal Dunia, Stadion GBLA Dipasang Police Line Oleh Polda Jabar

Dikutip priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ciamis, Syarif Nurhidayat dampak dari wabah PMK, untuk kebutuhan idul adha Ciamis masih kurang sekitar 966 sapi

“Dalam suasana wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), kami masih menghadapi kekurangan cukup banyak, sekira 966 ekor sapi, dari kebutuhan sebanyak 4.266 ekor,” kata Syarif Nurhidayat, kepada wartawan di sela Sosialisasi Pelaksanaan Kurban, Pemotongan Hewan Kurban dan Lalulintas Ternak dalam situasi wabah PMK, di Setda Ciamis, Senin 20 Juni 2022.

Menurut Syarif, hasil pendataan saat ini terdapat sekira 3.300 ekor sapi dan 81.000 domba dan kambing. Perkiraan kebutuhan ternak kurban sapi 4.266 ekor sapi dan 5.868 ekor domba dan kambing.

Baca Juga: Masih Ingat, Mantan Pemain Timnas Indonesia Jhonny van Beukering, Kini Bekerja Sebagai...

Dari data tersebut, sapi masih kurang, sebaliknya domba dan kambing berlebih. Untuk menutupi kekurangan.

"Kami berupaya mendatangkan hewan kurban dari daerah lain, dengan regulasi sangat ketat dan dinyatakan sehat, yang dilengkapi dengan SKKH (Surat Keterangan Kesehtanbn Hewan),” tuturnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x