Ikan Arapaima yang Ditemukan Ketika Banjir Bandang Garut, Ternyata ada Pemiliknya

- 25 Juli 2022, 11:57 WIB
ikan Arapaima yang ditemukan ketika banjir bandang Garut
ikan Arapaima yang ditemukan ketika banjir bandang Garut /Instagram @infogarut/

PRINGANTIMURNEWS - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyebut, ada 15 ekor ikan arapaima yang ditemukan pasca-banjir akibat luapan Sungai Cipejeuh di Kampung Dayeuh Handap, Kelurahan Kota Kulon pada Jumat, 15 Juli 2022.

15 ekor ikan predator asal Sungai Amazon itu merupakan ikan peliharaan dan dipastikan tidak ada yang lepas ke sungai.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Garut, Sofyan Yani mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan yang datang langsung ke lokasi, dipastikan tidak ada ikan yang lepas hingga ke sungai.

Baca Juga: Kapan Pelaksanaan Puasa Muharram 2022? Catat Berikut Jadwal Puasa Sunnah Tausa dan Asyura 1444 H

"Ikan itu ditemukan bukan di perairan umum ya, bukan di sungai, tapi ditemukan di sekitar kolam tempat pemeliharaan milik warga," jelas Sofyan saat dihubungi melalui sambungan telepon Minggu, 24 Juli 2022

Sofyan menuturkan, ikan tersebut merupakan peliharaan warga yang juga pemilik PD Cengkeh. Tim pemeriksa telah mendatangi lokasi kolam tempat pemeliharaan ikan tersebut dan bertemu dengan pemilik ikan.

"Jadi pada Jumat malam, kolam terkena banjir hingga meluap dan ikan ke darat, kemudian dimasukkan lagi ke kolam, tapi karena airnya keruh ikan jadi mati," katanya.

Baca Juga: Kasus Subang Terupdate, Benarkah Istri Muda Yp Sempat Lakukan Teror Kepada Kedua Korban Pembunuhan?

Menurut Sofyan, dari 15 ekor ikan yang dipelihara di kolam tersebut, 14 di antaranya mati karena kondisi air kolam yang keruh karena banjir. 13 ekor ikan yang mati kemudian dibagikan kepada warga untuk dipotong, sementara satu ekor lainnya dikubur.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Instagram @garutupdate_


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x