Mengenang Jalan Braga Bandung Tempo Doeloe

- 13 Januari 2023, 19:33 WIB
Jalan Braga Bandung Tempo Doeloe
Jalan Braga Bandung Tempo Doeloe /

PRIANGANTIMURNEWS - Jalan Braga merupakan sebuah nama jalan utama di kota Bandung Jawa Barat, Indonesia.

Dilansir Priangantimurnews dari Paguci.com Jumat (13 Januari 2023), Jalan ini cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda, sampai saat ini nama jalan tersebut tetap dipertahankan sebagai salah satu maskot dan objek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Parijs van Java.

"Sejarah Jalan Braga Bandung"

Baca Juga: Liga 2 dan Liga 3 Resmi Dihentikan, Atta Halilintar Mengaku Kapok dan Akan Mundur!

Sejarah jalan braga dulunya merupakan sebuah jalan kecil di depan pemukiman yang cukup sunyi sehingga pada waktu itu dinamakan Jalan Culik karena cukup rawan.

(Culik artinya penculik) Jalan kecil dan sepi yang awal mula pembangunannya sebagai penghubung 2 jalan utama di Kota Bandung pada sekitar tahun 1811.

Jalan yang pada masanya pernah di beri nama Pedatiweg atau jalan pedati ini kemudian menjadi ramai ketika beberapa orang Belanda mulai membangun kedai kopi dan toko pakaian/fashion.

Seiring dengan perkembangan masa, dengan dibangunnya De Vries (super market pertama di kota Bandung), Gedung Concordia (sekarang gedung merdeka) dan hotel Savoy Homann yang merupakan hotel kelas atas di masanya, jalan Braga pun menjadi berkembang menjadi jalan utama.

Baca Juga: Anak Buah Lukas Enembe Tertangkap di Filipina, Ternyata Bos Besar KKB!

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Paguci.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x