Journalist Camp 2023 Eiger x PRMN, Deni Yudiawan: Jurnalis Harus Perdalam How dan Why dalam Berita

- 29 Agustus 2023, 17:30 WIB
Wartawan Senior Deni Yudiawan saat jadi narasumber pada acara Journalist Camp 2023 Eiger x PRMN (Innovation, People & Nature) di Sari Ater Campervan Park Palasari, Ciater, Subang Jawa Barat pada Kamis 24 Agustus 2023.
Wartawan Senior Deni Yudiawan saat jadi narasumber pada acara Journalist Camp 2023 Eiger x PRMN (Innovation, People & Nature) di Sari Ater Campervan Park Palasari, Ciater, Subang Jawa Barat pada Kamis 24 Agustus 2023. /Muhamad Romli/Priangantimurnews

PRIANGANTIMURNEWS - Setelah usainya masa pandemi Covid 19 permintaan (demand) informasi tentang lingkungan di dunia maya semakin banyak.

Banyak netizen yang mencari tahu di mesin pencarian google tentang trip atau perjalanan ke alam bebas. Kondisi seperti ini seorang jurnalis harus peka untuk memberikan informasi yang komprehensif.

Sesuai data rilis Google Indonesia, dalam kurun waktu dua tahun terakhir pencarian untuk kata kunci 'healing' merupakan salah satu yang tertinggi.

Baca Juga: Pemilu Turki Dibayangi Ilusi Barat, Jurnalis Turki: Bukan Urusan Luar Negeri

Demikian diungkapkan jurnalis senior Deni Yudiawan saat jadi narasumber pada acara Journalist Camp 2023 Eiger x PRMN (Innovation, People & Nature) di Sari Ater Campervan Park Palasari, Ciater, Subang Jawa Barat pada Kamis 24 Agustus 2023.

Bicara soal demand atau permintaan, ini tak beda dengan hukum ekonomi. Sehingga kalau akan membuat sesuatu harus memperhatikan dari sisi demandnya, begitu juga saat membuat berita.

"Di media itu kita jualannya konten. Percuma bikin sesuatu orang engak suka, kan engak dibaca. Saya memberi gambaran demand, netizen orang Indonesia, kecenderungan dalam lingkungan. Dasar saya riset dari google Indonesia, rilis akhir tahun kemarin tapi masih relevan, tentang gimana kecenderungan orang di mesin pencari," ujarnya.

Baca Juga: Persiapkan Karier Masa Depan, PRMN Buka Kesempatan Mahasiswa Magang di Pikiran Rakyat

Deni menyebutkan saat terjadi pandemi mengubah semua aktivitas orang. Semua berubah dari offline menjadi online. Termasuk perubahan identitas diri.

Dengan banyaknya peminat atas pencarian hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan luar ruangan dan juga yang berkaitan dengan lingkungan menjadi sebuah celah bagi jurnalis untuk memperbanyak data dan informasi mengenai hal-hal itu.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x