TNI Angkatan Laut Resmikan Kampung Bahari Nusantara Di Pangandaran

- 18 November 2020, 21:49 WIB
TNI Angkatan Laut menggelar apel khusus di kawasan pelabuhan Bojongsalawe Parigi, Rabu, 18 November 2020.
TNI Angkatan Laut menggelar apel khusus di kawasan pelabuhan Bojongsalawe Parigi, Rabu, 18 November 2020. /priangantimurnews/AGUS/
PRIANGANTIMURNEWS-
Pemberdayaan wilayah pertahanan laut melalui apel khusus yang dipimpin langsung oleh Danlanal Bandung dalam rangka Dawilhanla wilayah pesisir pantai Pangandaran tahun 2020.
 
Apel khusus dikuti oleh 500 peserta dari masyarakat pesisir nelayan, Tagana, Karang Taruna dan pelajar yang digelar dikawasan Pelabuhan Pangandaran Bojong Salawe, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Rabu, 18 November 2020.
 
Juga turut hadir Plt. Bupati Pangandaran diwakili Sekda Kab. Pangandaran, Paban IV Spootmar Mabesal Kolonel Laut (P) Edi Prakoso, Aspotmar Danlantamal III, Dandim 0613 Kab. Ciamis diwakili Danramil Pangandaran, Kapolres Kabupaten Ciamis, Unsur FKPD dan tokoh masyarakat Bojong Salawe.
 
 
Acara dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan bencana alam gempa bumi dan tsunami yang di peragakan oleh peserta apel.
 
Pada kesempatan tersebut  dilaksanakan video confren Aspotmar Kasal dengan Satkowil pada acara Dawilhanla Pesisir Tahun 2020 yang diikuti Lantamal I Belawan, Lanal Bandung, Lantamal XII Pontianak serta Lantamal XIII Tarakan dilanjutkan dengan laporan kegiatan Dawilhanla oleh Danlanal Bandung selaku Dansatkowil kepada Aspotmar Kasal. 
 
Usai apel dilanjutkan dengan pemberian bantuan paket sembako kepada masyarakat pesisir, peninjauan donor darah, peresmian rumah pintar dan taman baca serta peninjauan Vicon rumah pintar dan peresmian serta peninjauan Kampung Bahari Nusantara.
 
Danlanal Bandung Kolonel Laut (P) Batos Leksono mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa fungsi Dawilhanla merupakan salah satu tugas utama TNI Angkatan Laut yang disebutkan dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dilaksanakan dalam rangka menyiapkan geografi, demografi dan kondisi sosial sebagai ruang, alat dan kondisi (rak) juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara di laut dalam rangka mendukung sistem pertahanan rakyat semesta. 
 
Kata dia, Pangandaran ini dipilih sebagai lokasi pelaksanaan bukan hanya kebetulan, tetapi karena disini ada pos Angkatan Laut yang terhubung juga dengan Bandung. Sehingga salah satu yang kita tunjuk. 
 
"Kami pilih Pangandaran karena memiliki banyak potensi dari sumber daya alam, terutama kemajuan pariwisata" ujarnya
 
Dia berharap, semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat, terutama dalam bidang pendidikan dan pariwisata. 
 
"Mudah-mudahan juga dari sisi ekonomi juga terbantu. Dan akan menjadi kegiatan program yang berkelanjutan kedepanya," harapnya.***

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x