Efek Positif Covid, Long Covid Resiko Gangguan Jiwa hingga Kematian

- 16 Agustus 2021, 19:17 WIB
Ilustrasi sudah sembuh dari Covid-19.
Ilustrasi sudah sembuh dari Covid-19. /Tangkap layar Instagram @drningz/

PRIANGANTIMURNEWS- Beragam pertanyaan dari lapisan masyarakat setelah pasien dinyatakan oleh dokter terinfeksi positif Covid19 hingga kini masih tetap menjadi momok di masyarakat.

Pertanyaan, setelah dinyatakan oleh dokter positif Covid hingga kembali dinyatakan negatif oleh dokter saat ini masih suka terdengar ditelinga kita.

"Untuk teman-teman yang sudah sembuh dari Covid, mungkin banyak yang menanyakan hal-hal ini ya," kata, RA Adaninggar,dr,Sp.Pd dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Intagram @drningz 16 Agustus 2021.

Kata, Adaninggar setelah sembuh dari Covid sebagian orang juga masih mengalami gejala-gejala menetap yang disebut long covid.

Baca Juga: Wanita Pembuang Bayi S, Sengaja Membuang Anaknya Karena Malu hasil hubungan gelap

"Covid memang tidak sesepele itu, setelah sembuh bukan berarti langsung beres masalah, ada sebagian orang yang kualitas hidupnya pun sampai terganggu karena long covid ini," ujarnnya.

Adaninggar menyebut, selain itu, adanya trauma psikis setelah terkena Covid dan gangguan psikis lain juga bisa terjadi.

"Kuncinya, tetap semangat ya para penyintas. Bila kalian masih mengalami gejala-gejala yang menetap, kontrol saja ke dokter, lakukan fisioterapi dan anjuran-anjuran dokter,," kata Adaninggar.

Ingat, harus selalu jaga kesehatan imun dan tetap senantiasa disiplin protokol kesehatan karena selama paparan virus masih tinggi, risiko reinfeksi tetap akan bisa terjadi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @drningz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x