Kekurangan Vitamin dan mineral, Bisa Menyebabkan Gangguan Tidur

- 26 Oktober 2021, 18:56 WIB
Seseorang sedang mengalami stress.
Seseorang sedang mengalami stress. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Kekurangan vitamin dan mineral menurut studi eksperimental, mikro dan makronutrien dapat mempengaruhi neurotransmiter atau bahan kimia sinyal saraf otak, termasuk melatonin dan serotonin.

Kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan kurang tidur atau gangguan tidur ketika ditemukan kekurangan dalam tubuh.

Kurang tidur dapat mempengaruhi kondisi kesehatan fisik dan mental kita dan dapat membawa pada risiko penyakit seperti depresi, sindrom metabolik dan kanker, yang pada akhirnya berisiko tinggi terhadap kematian.

Baca Juga: Biodata Lengkap 7 Pemeran Series Teluk Alaska, yang Akan Segera Tayang di WeTV

Dikutip oriangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari website boldsky.com. Kekurangan vitamin dan mineral mana yang dapat menyebabkan insomnia.

1. Vitamin D

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D terkait dengan risiko gangguan tidur yang lebih tinggi seperti kualitas tidur yang buruk, durasi tidur yang pendek atau kantuk.

Ada banyak reseptor vitamin D yang diekspresikan di area otak seperti hipotalamus yang membantu mengatur siklus sirkadian atau siklus tidur-bangun.

Ketika vitamin D diturunkan dalam tubuh, risiko gangguan tidur meningkat, sementara risiko menurun ketika jumlahnya tinggi.

Makanan kaya vitamin D, Salmon, Kuning telur, keju, jamur dan makanan laut.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Boldsky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x