Ini Dia Keluhan Umum yang Dialami Ibu Hamil, Kram Perut Seringkali Terjadi

- 20 Mei 2022, 18:20 WIB
Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. /Pexels.com/Leah Kelly/

PRIANGANTIMURNEWS– Ibu hamil kerap kali mengalami beberapa keluhan pada masa kehamilannya mulai dari keluhan ringan, sedang, bahkan berat.

Keluhan yang dialami biasanya berbeda tiap ibu hamil. Bahkan ada ibu hamil yang sama sekali tidak pernah mengalami keluhan pada selama kehamilannya.

Namun ada beberapa keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil. Dilansir dari YouTube Saddam Ismail, berikut beberapa keluhan yang umumnya dialami ibu hamil yang disampaikan dr. Saddam Ismail.

Baca Juga: Pitch Invaders Mulai Marak di Inggris dan Bikin Khawatir

Kram perut

Kram perut merupakan keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil dan seringkali terjadi baik pada trimester pertama, kedua, maupun ketiga. Hal itu terjadi karena rahim semakin hari semakin membesar dan meregang. Kram perut ini bisa dirasakan sampai ke pinggul dan pangkal paha.

Sembelit atau susah BAB

Sembelit atau susah BAB biasanya terjadi pada trimester pertama dikarenakan oleh beberapa faktor seperti perubahan hormonal sehingga pergerakan usus akan melambat, rahim yang semakin membesar juga menekan usus, dan pengaruh dari suplemen zat besi yang dikonsumsi.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan banyak minum air putih.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: YouTube Saddam Ismail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x