Varian Baru COVID dinamai Kraken? Simak Asal Usul Nama dan Bahayanya Varian Terbaru

- 12 Januari 2023, 19:05 WIB
Varian XBB 1.5 bernama karaken, diambil dari mitologi Skandinavia yang merupakan gurita raksasa pemakan kapal pesiar
Varian XBB 1.5 bernama karaken, diambil dari mitologi Skandinavia yang merupakan gurita raksasa pemakan kapal pesiar /

PRIANGANTIMURNEWS – Belum lama publik digemparkan dengan mutasi baru varian COVID yang dinamakan Omnicron, ditambah ledakan kasus China dan beberapa negara kembali terjadi. Sekarang, dunia malah dikenalkan dengan istilah mutasi virus baru bernama Kraken.

Lalu apa sebenarnya, Kraken itu? Mutasi dari virus apa?

Parah mutasi dari virus yang dinamai Kraken merupakan turunan dari COVID varian Omnicron, yang bernama XBB 1.5. Itu berarti, generasi ketiga dari COVID yang bermutasi dan jauh lebih ganas.

Baca Juga: MERESAHKAN! Aksi Ibu-ibu Joget TikTokan di Area Masjid Al Jabbar Bandung, Begini Reaksi Satpol PP dan Netizen

Di Amerika Sekrikat (AS) sendiri, keturunan baru dari varian Omnicron ini sangat menular dan saat ini telah mencapai 40 persen kasus di negara paman sam tersebut. Mejadi potensi masalah kesehatan baru bagi seluruh dunia.

World Health Organization (WHO) menyampaikan bahwa varian dari Omnicron ini kembar. Pertama bernama XBB yang satunya adalah XBB 1.5 (Kraken) dan WHO memperingatkan XXB 1.5 adalah yang paling menular.

Lantas mengapa XXB 1.5 dijuluki “Kraken” ? Apa sebenarnya makna dibalik penamaan tersebut dan haruskah seseorang berwaspada untuk itu ?

Profesor T. Ryan Gregory, sorang ahli biologis evolusi yang memberi julukan pertama varian baru XXB 1.5 ini dengan dama Kraken di media sosial Twitter.

Baca Juga: Azies Akan Benahi Struktural DPD Partai NasDem Kota Tasikmalaya

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Independent


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x