Kolesterol Tinggi Mengintai di Hari Tua, Fahami Pantangan dan Obat Alaminya

- 13 Januari 2023, 21:47 WIB
Jahe, sayur hijau, bawang putih berkhasiat mencegah kolesterol tinggi. Sementara daging ayam tanpa kulit sebagai alternatif pengganti daging merah.
Jahe, sayur hijau, bawang putih berkhasiat mencegah kolesterol tinggi. Sementara daging ayam tanpa kulit sebagai alternatif pengganti daging merah. /

PRIANGANTIMURNEWS - Kolesterol tinggi menjadi ancaman serius seiring dengan bertambahnya usia seseorang, namun bukan berarti diusia muda seseorang bisa lepas dari ancaman yang sama.

Pada dasarnya kolesterol tinggi salah satunya diakibatkan oleh pola gaya hidup yang buruk. Seperti tidak seimbangnya seseorang dalam mengkonsumsi makanan dengan lemak yang berlebih. Kolesterol sendiri senyawa lemak yang hampir menyerupai lilin.

Kolesterol tinggi disebabkan oleh kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang merupakan penyebab terbentuknya plak di pembuluh darah.

Plak adalah penyebab utama dari tersumbatnya pembuluh darah, memicu meningkatnya risiko penyakit lainnya yang dapat ditimbulkan akibat kolesterol. Seperti jantung, Stroke, darah tinggi, disfungsi ereksi, alzheimer, dan vaskuler perifer.

Baca Juga: Beberapa makanan yang dapat menurunkan kolesterol

MAKANAN PANTANGAN

Diantaranya ada beberapa makanan pantangan, yang perlu dihindari oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Yaitu makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi.

1. Jeroan, satu porsi tiga ons hati sapi, mengandung 333 miligram kolesterol. Maka lebih baik membatasi makanan tersebut.

2. Kulit ayam, mengandung 80% dari total kalori lemak. Ditambah dengan digoreng, jumlah kolesterol meningkat berkali lipat.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Healthline Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x