Pengobatan Tradisional ala Dayak Viral, Ini kata Dokter Spesialis Ortopedi

- 5 April 2023, 06:30 WIB
Spesialis Ortopedi dan Traumatologi dr. Oryza Satria, Sp.OT (K),  Dalam keilmuan medis, khususnya ortopedi, ada satu prinsip yang wajib diterapkan, yakni first, do no harm
Spesialis Ortopedi dan Traumatologi dr. Oryza Satria, Sp.OT (K), Dalam keilmuan medis, khususnya ortopedi, ada satu prinsip yang wajib diterapkan, yakni first, do no harm /Antara/Dok-Oryza Satria)/

PRIANGANTIMURNEWS - Akhir-akhir ini vital di media sosial pengobatan tradisonal yang dilakukan Ida Dayak.

 

Ida Dayak bisa sesuai informasi yang beredar dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti patah tulang, saraf kejepit hingga stroke hanya memakai minyak Bintang berwarna merah khas Kalimantan.

Saat pengobatan alternatif Ida Andriyani atau Ida Dayak di Depok yang ramai di media sosial, dengan jumlah pasien yang membludak dan rela datang dari berbagai daerah.

Baca Juga: Teman Panji Akhirnya Ketemu! Ketiban Motor Tidak Bisa Bergerak Karena Patah Tulang?

Menanggapi pengobatan tradisional Ida Dayak, Spesialis ortopedi tulang dan traumatologi dr Oryza Satria , menekankan baik pengobatan tradisional maupun medis harus menerapkan prinsip tidak boleh menyakiti atau memperparah keadaan pasien.

Menurut dr Oryza Satria dalam keilmuan medis, khususnya ortopedi, ada satu prinsip yang wajib diterapkan, yakni first, do no harm.

Artinya apapun tindakan yang dilakukan kepada pasien, sebisa mungkin tidak menimbulkan rasa tidak nyaman, sakit, atau nyeri pada pasien.

"Intinya jangan membuat pasien merasa kesakitan, baik pengobatan tradisional maupun medis sebaiknya mengikuti kaidah itu," kata dia saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x