Penuaan Kulit Wajah Umumnya Dimulai Usia 20 Tahun, Kenapa? Simak Penjelasan Ahli!

- 9 Januari 2024, 11:52 WIB
Ilustrasi penuaan kulit wajah.
Ilustrasi penuaan kulit wajah. /Freepik/

PRIANGANTIMURNEWS - dr. Susie Rendra, Sp. D. V. E, FINSDV, Dokter spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika, memberikan pencerahan mengenai penuaan dini kulit, menyoroti penyebab, gejala, dan terapi yang dapat menjaga tampilan kulit tetap awet muda.

Pada keterangan tertulis yang diterbitkan Senin 8 Januari 2024, dr. Susie menyampaikan bahwa proses penuaan kulit biasanya dimulai sejak usia awal 20-an tahun, tetapi ada faktor eksternal yang bisa mempercepat serta memperburuk penuaan tersebut.

Faktor-faktor ini meliputi kebiasaan, lingkungan, dan gaya hidup, yang dapat memainkan peran kunci dalam penampilan kulit.

Baca Juga: Perkumpulan Terapis Tasikmalaya Telah Gelar Bakti Sosial, Dari Ruqyah Sampai Totok Punggung

"Faktor-faktor seperti pajanan radikal bebas dari sinar matahari dan polusi, merokok, konsumsi alkohol, makanan tinggi gula dan lemak, kurang minum, kurang olahraga, begadang, dan stres dapat mempercepat penuaan kulit," ungkap dr. Susie.

Dia juga menjelaskan gejala umum penuaan kulit, seperti keriput, berkurangnya elastisitas kulit, flek hitam, kulit kering dan kasar, serta kehilangan kecerahan.

Penuaan ini, menurutnya, terlihat paling jelas pada kulit wajah, dengan penipisan kulit membuatnya tampak lebih tipis, sementara ketebalan kulit mati menambah kesan kusam.

Baca Juga: Mau Hidup Sehat Sepanjang 2024, Ini Lima Rekomendasi Dokter Agar Hidup Lebih Sehat

Namun, dr. Susie memberikan harapan dengan menyatakan bahwa proses penuaan dapat diperlambat melalui perawatan anti-aging yang tepat.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah