Ini Lima Kebiasaan Harian agar Kesehatan Jantung Tetap Terjaga

- 30 Maret 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi orang yang sedang terserang penyakit jantung. Serangan jantung yang sering disepelekan dapat merenggut nyawa./Ilustrasi/Hadi
Ilustrasi orang yang sedang terserang penyakit jantung. Serangan jantung yang sering disepelekan dapat merenggut nyawa./Ilustrasi/Hadi /

PRIANGANTIMURNEWS - Lima kebiasaan yang harus dilakukan setiap hari agar kesehatan jantung tetap terjaga. Penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia.

Beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain kadar kolesterol dari kebiasaan gaya hidup.

Ahli Jantung Senior dan Mantan Konsultan di AIIMS dan Direktur di SAAOL Heart Center di New Delhi, Dr Bimal Chhajer mengatakan sangat penting untuk menerapkan kebiasaan dan praktik sehari-hari yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Sering Dipakai Balapan Liar, Mulai 1 April, JLNT Casablanca Ditutup Mulai Jam 22.00-04.00 WIB

Seperti dilansir dari laman Hindustan Times, Sabtu (30/3/2024), berikut kebiasaan yang dapat menjaga kesehatan jantung, .

1. Pola Makan Sehat dan Seimbang
Pola makan seimbang harus terdiri atas beragam buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan sedikit minyak yang digunakan untuk memasak.

Batasi juga konsumsi makanan olahan, tinggi gula, dan lemak trans. Sebaliknya, pilihlah minyak goreng yang sehat seperti canola atau zaitun.

Baca Juga: 5 Tanaman yang Bisa Hilangkan Bau Kotoran Kucing, Simak Penjelasan Berikut!

2. Rutin Berolahraga
Usahakan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Hal ini dapat mencakup olahraga yang meningkatkan detak jantung, seperti bersepeda atau jalan cepat, karena semuanya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

3. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol
Sangat disarankan untuk berhenti minum alkohol karena dapat menyebabkan sejumlah penyakit yang berhubungan dengan jantung. Berhenti merokok bisa mengurangi risiko masalah jantung yang berhubungan dengan penggunaan tembakau.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x