Inilah Keutamaan Puasa Tasu'a dan Asyura, 9 dan 10 Muharram, Tata Cara, Bacaan Niat, Lengkap Beserta Artinya

- 17 Agustus 2021, 19:17 WIB
Rasulullah SAW dalam beberapa hadits telah menjelaskan tentang fadilah dan keutamaan puasa tasu'a dan 'asyura 9 dan 10 Muharram.
Rasulullah SAW dalam beberapa hadits telah menjelaskan tentang fadilah dan keutamaan puasa tasu'a dan 'asyura 9 dan 10 Muharram. /Pixabay.com/

PRIANGANTIMURNEWS- Tidak terasa, tanggal 18 dan 19 Agustus 2021, kita akan bertemu kembali dengan hari ke 9 dan 10 Muharram, hari di mana kita dianjurkan untuk melaksanakan puasa Tasu'a dan Asyura.

Sebagaimana kita tahu bersama, bahwa puasa Tasu'a dan puasa Asyura memiliki keutamaan yang sangat besar.

Hal itu karena, puasa Tasu'a dan Asyura tersebut dilaksanakan di bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, yakni bulan Muharram.

Baca Juga: Momen Puncak HUT ke 76 RI Lapas Kelas llB Tampilkan Hasil Karya Narapidana

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW pernah ditanya, "puasa apa yang lebih utama setelah puasa di bulan Ramadhan?" Rasulullah pun menjawab: "puasa di bulan Allah, yakni Muharram."

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga pernah mengungkapkan bahwa puasa Asyura (10 Muharram) dapat menebus dosa satu tahun sebelumnya. (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain, Rasulullah juga pernah menyebutkan bahwa puasa Tasu'a (puasa tanggal 9 Muharram) merupakan puasa yang beliau inginkan.

Baca Juga: Dirgahayu RI 76, Karang Taruna Gunungjantra Lakukan Upacara di Jembatan Perbatasan 2 Desa

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW pernah bersabda: "Kalau saya lanjut umur sampai tahun yang akan datang, niscaya saya akan berpuasa Tasu'a." (HR.Muslim).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah