Wajib Tahu! Sholat Dhuha Adalah Sedekah

- 31 Maret 2022, 17:53 WIB
 Ilustrasi solat dhuha/freepik
Ilustrasi solat dhuha/freepik /

PRIANGANTIMURNEWS - Dalam diri manusia ada 360 persendian, lalu diwajibkan sedekah dari setiap sendinya, mereka bertanya, " siapa yang mampu demikian, wahai Nabi Allah?
 
Beliau Menjawab, "Memendam riak yang ada dimasjid dan menghilangkan sesuatu (gangguan) dari jalanan. Apabila tidak mendapatkannya, maka dua raka'at shalat Dhuha mencukupkanmu "

Tentu saja, Rasulullah SAW tidak akan mengistimewakan sholat Dhuha tanpa alasan. Berikut beberapa fadhilah atau keutamaan sholat Dhuha yang menjadikannya begitu istimewa di mata Rasullah SAW.
 
Baca Juga: Cara Allah Mengatur Tubuh Manusia dari Nafsu, dr. Zaidul Akbar: Salah Satunya Puasa

1. Sholat Dhuha merupakan ekspresi terima kasih kita kepada Allah SWT atas nikmat sehat bugarnya setiap sendi dalam tubuh kita. Menurut Rasulullah SAW, setiap sendi dalam tubuh kita yang jumlahnya 360 ruas setiap harinya harus diberi sedekah sebagai makanannya.

"Pada setiap manusia diciptakan 360 persendian dan seharusnya orang yang bersangkutan (pemilik sendi) bersedekah untuk setiap sendinya.
 
" Lalu, para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah siapa yang sanggup melakukannya?" Rasulullah SAW menjelaskan, "Membersihkan kotoran yang ada di masjid atau menyingkirkan sesuatu (yang dapat mencelakakan orang) dari jalan raya, apabila ia tidak mampu maka shalat Dhuha dua rakaat dapat menggantikannya." (HR. Ahmad dan Abu Daud).
 
Baca Juga: FAKTA KASUS SUBANG TERBARU: Dicky dan Wahyu Menjadi Saksi Kuat Pembunuhan Tuti dan Amalia

2. Shalat Dhuha wahana pengharapan kita akan rahmat dan nikmat Allah SWT sepanjang hari yang akan dilalui, entah berupa nikmat fisik maupun materi. Rasulullah SAW bersabda,

"Allah berfirman, 'Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas melakukan sholat empat rakaat pada pagi hari, yaitu shalat Dhuha, niscaya nanti akan Kucukupi kebutuhanmu hingga sore harinya." (HR. Al-Hakim dan At-Tabrani)

3. Shalat Dhuha sebagai pelindung untuk menangkal siksa api neraka. Hal ini ditegaskan Nabi SAW dalam haditsnya, "Barangsiapa melakukan shalat Fajar, kemudian ia tetap duduk di tempat shalatnya sambil berdzikir hingga matahari terbit dan kemudian ia melaksanakan shalat Dhuha sebanyak dua rakaat, niscaya Allah SWT akan mengharamkan api neraka untuk menyentuh atau membakar tubuhnya." (HR. Al-Baihaqi).
 
Baca Juga: Paula Verhoeven Istri Baim Wong: Jadi Pusat Perhatian di Arab Fashion Week

4. Bagi orang yang merutinkan shalat Dhuha, ada balasan, surga. Rasulullah SAW bersabda, "Di dalam surga terdapat pintu yg bernama Bab Adh-Dhuha (Pintu Dhuha) dan pada hari kiamat nanti ada yg akan memanggil, 'Dimana orang yg senantiasa mengerjakan shalat Dhuha? Ini pintu kamu, masuklah dg kasih sayang Allah." (HR. At-Tabrani)

Yuk! Jangan Tinggalkan SHALAT DUHA Sekalipun 2 Rakaat.***

 
 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @percikaniman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x