Waktu Sahur yang Baik Jam Berapa? Ini yang Dianjurkan Rasulullah

- 11 April 2022, 03:51 WIB
ilustrasi sahur
ilustrasi sahur /orami

PRIANGANTIMURNEWS- Sahur sangat dianjurkan bagi mereka yang akan melaksanakan puasa. Makan sahur pagi hari tentu menjadi tantangan bagi sebagian orang yang susah bangun pagi. Tak jarang, sebagian orang lebih memilih sahur di tengah malam atau tidak sahur sama sekali.

Sahur memang sunah, tapi dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Hal tersebut disampaikan dalam hadist yang diriwayatkan dari Anas bin Malik:

“Sahurlah karena di sana terdapat keberkahan,” (HR Bukhari: 1923).

Baca Juga: Kodim 0612 Tasikmalaya Gandeng Perusahaan Garam Laksanakan Vaksin Covid-19

Nabi Muhammad SAW juga telah menganjurkan soal waktu yang tepat untuk makan sahur sesuai dengan sunnahnya. Anjuran itu sudah diterangkan dalam banyak hadist.

Hadist tersebut berbunyi, "Umatku berada dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur," (HR Ahmad).

Melakukan sahur di tengah malam seperti jam 12 pagi, jam 1 pagi dan jam 2 pagi bukanlah waktu yang tepat untuk sahur. Saat itu, tubuh akan lebih mudah lemas saat berpuasa keesokan harinya.

Baca Juga: Kodim 0612 Tasikmalaya Gandeng Perusahaan Garam Laksanakan Vaksin Covid-19

Puasa bukan hanya sekedar menahan rasa haus dan lapar, tetapi puasa merupakan upaya untuk mengontrol asupan makanan dan minuman. Waktu sahur yang benar yaitu pada jam 3 pagi atau sebelum subuh.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Orami Magazine


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah