Habiskan waktu 6 Tahun Pembangunan, Akhirnya Bendungan Tukul Pacitan Diresmikan

- 15 Februari 2021, 12:11 WIB
Presiden Jokowi resmikan Bendungan Tukul di Pacitan, menelan biaya Rp916 miliar.*
Presiden Jokowi resmikan Bendungan Tukul di Pacitan, menelan biaya Rp916 miliar.* /Tangkapan Layar Youtube.com / Sekretariat Presiden

PRIANGANTIMURNEWS- Bendungan tukul adalah salahsatu bendungan yang sudah diresmikan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.

Peresmian tersebut dilaksanakan pada Minggu, 14 Februari 2021. Bendungan tukul berada di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur.

“Saya harapkan dengan berfungsinya Bendungan Tukul di Pacitan ini akan menjadi infrastruktur yang penting, memperkuat ketahanan pangan, dan memperkuat ketahanan air,” ucap Joko Widodo selaku Presiden RI.

Baca Juga: Masa Depan Bitcoin di Bawah Kepresidenan Biden

Jokowi, sapaan akrabnya menyebutkan bahwa pembangunan bendungan tukul ini menghabiskan waktu selama 6 tahun dan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp.916 M.

Beliau juga menjelaskan, bendungan tukul bertujuan untuk pengendalian banjir, penyediaan baku air dan mengairi pesawahan seluas 600 Hektar, dikutip dari Youtobe Sekretariat Presiden.

Bendungan ini memiliki kapasitas 8,68 juta meter kubik, mengurangi potensi banjir 44.86 meter kubik per detik, dan berpotensi menghasilkan listrik 0.26 megawatt.

Baca Juga: Masuk Seleksi Perguruan Tinggi dari Jalur SNPTN Mulai Dibuka, Ayo Buruan Daftar

“Bendungan ini juga bermanfaat untuk mengairi 600 Hektar sawah sehingga meningkatkan indeks penanaman dari biasanya satu kali penanaman, satu kali padi dan satu kali palawija, menjadi dua kali tanam padi dan satu kali tanam palawija. InsyaAllah ini nanti sudah bisa dilakukan,” Jelas Jokowi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah