Kirab Sederhana pada Pelantikan Dua Pasangan Kepala Daerah

- 15 Februari 2021, 19:59 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Mendagri Tito Karnavian beserta kedua pasangan Kepala Daerah yang dilantik
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Mendagri Tito Karnavian beserta kedua pasangan Kepala Daerah yang dilantik /twitter.com/@jokowi/
PRIANGANTIMURNEWS- Pagi ini, Senin, 15 Februari 2021, Presiden Joko Widodo baru saja melantik dua pasangan kepala daerah di Istana Merdeka.
 
Pasangan kepala daerah yang dilantik tersebut adalah pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan Sulewesi Utara, untuk masa jabatan 2021-2024.
 
Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Utara yang dilantik adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen Tipa Pandan.
 
 
Sedangkan Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang dilantik adalah petahana Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.
 
Acara pelantikan tersebut hanya dihadiri oleh undangan terbatas sekitar 20 orang, termasuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta pejabat terkait lainnya.
 
Dalam acara pelantikan tersebut, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Mendagri Tito Karnavian beserta kedua pasangan Kepala Daerah yang dilantik melakukan kirab sederhana bersama dengan paspampres dari Istana Merdeka menuju Istana Negara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak satu sama lain.
 
 
Dikutip dari Antara, sebelum mengucapkan sumpah, kedua pasangan kepala daerah tersebut terlebih dahulu menerima surat Keputusan Presiden Nomor 19/P Tahun 2021 dan Nomor 21/P Tahun 2021 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara untuk masa jabatan tahun 2021-2024.
 
Setelah Keputusan Presiden itu dibacakan, kedua pasangan kepala daerah tersebut kemudian mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu secara langsung oleh Presiden.
 
Dalam pengucapan sumpah tersebut, kedua pasangan kepala daerah berjanji akan memenuhi segala kewajiban sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.
 
“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebaga gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” bunyi sumpah tersebut.
 
 
Setelah mengucapkan janji jabatan, kedua pasangan Gubernur-Wakil Gubernur tersebut melakukan foto bersama dan menerima ucapan selamat dari Presiden dan Wakil Presiden dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker.
 
Joko Widodo juga mengunggah foto kegiatan kirab tersebut pada akun Twitter miliknya @jokowi sambil mengucapkan selamat kepada dua pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik.
 
“Selamat bekerja Bapak Zainal Arifin Paliwang-Yansen T.P. dan Bapak Olly Dondokambey-Steven O.E. Kandouw,” tulis Jokowi dalam tweet tersebut.***
 
Sumber: Antara dan Twitter @jokowi

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x