China Tidak Lagi Menetapkan Target dalam Rencana Ekonomi 5 Tahunannya

- 8 Maret 2021, 19:36 WIB
Aula Besar Rakyat, Beijing.
Aula Besar Rakyat, Beijing. /Twitter/@PDChina/

PRIANGANTIMURNEWS- Keputusan China untuk tidak menetapkan target pertumbuhan ekonomi untuk rencana lima tahun barunya akan memberi pembuat kebijakan lebih banyak ruang untuk memperhitungkan ketidakpastian dan menanggapi perubahan, kata seorang pejabat perencana senior negara, Senin, 8 Maret 2021.

Dalam rencana ekonomi 2021-2025 yang disampaikan ke badan legislatif negara pada hari Jumat, China tidak memasukkan target pertumbuhan tahunan rata-rata, tidak seperti rencana lima tahun sebelumnya yang dikeluarkan pada tahun 2016.

Bagaimanapun, itu berjanji untuk menjaga pertumbuhan dalam kisaran yang "masuk akal" selama periode lima tahun dan menetapkan target produk domestik bruto tahunan di atas 6 persen untuk tahun ini, setelah turun dari target 2020 tahun lalu di tengah ketidakpastian global yang disebabkan oleh pandemi.

Baca Juga: Viral Seorang pengendara Lempari Botol Plastik ke Mulut Kuda Nil, Baim Wong: Ini Orang Kurang Ajar Banget

Hu Zucai, wakil direktur Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, mengatakan pada hari Senin memperkirakan pertumbuhan untuk periode tahunan bergantung pada keadaan akan lebih mudah daripada menetapkan target selama periode lima tahun.

"Dengan tidak menetapkan target pertumbuhan (lima tahun) yang spesifik dan kuantitatif, kami akan lebih proaktif, aktif dan nyaman dalam menghadapi segala macam risiko, yang kondusif untuk meningkatkan fleksibilitas pembangunan kami," kata Hu kepada pers saat konferensi di sela-sela pertemuan parlemen tahunan.

Ia juga menambahkan, bahwa hal itu juga membantu memandu lembaga untuk fokus pada peningkatan kualitas efisiensi pertumbuhan, bukan hanya pertumbuhan numerik.

Baca Juga: Krisis Ekonomi Lebanon Memicu Protes Blokir Jalan Selama 7 Hari

"Kami yakin PDB akan mempertahankan level tertentu (selama lima tahun ke depan)," katanya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Bloomberg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x