Junta Myanmar Menghapus Pemberontak Rakhine dari Daftar Teroris

- 11 Maret 2021, 20:50 WIB
Demonstran anti kudeta bentrok dengan pasukan keamanan Myanmar.
Demonstran anti kudeta bentrok dengan pasukan keamanan Myanmar. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Media Pemerintah Myanmar mengatakan, bahwa Junta militer telah menghapus pemberontak Arakan Army (AA) dari daftar kelompok teroris karena faksi tersebut telah menghentikan serangan untuk membantu membangun perdamaian di seluruh negeri.

Langkah itu dilakukan pada saat tentara sedang berjuang untuk menahan protes harian terhadap kudeta 1 Februari di mana pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi digulingkan.

AA berjuang untuk otonomi yang lebih besar di negara bagian Rakhine barat dan selama dua tahun terakhir telah menjadi salah satu kekuatan paling tangguh dalam menantang pasukan yang telah berperang dalam berbagai perang etnis selama sekitar tujuh dekade.

Baca Juga: Bus Pariwisata Masuk ke Jurang dan Menewaskan 27 Orang

AA telah ditempatkan dalam daftar kelompok teroris tahun lalu di bawah pemerintahan Suu Kyi.

"Penunjukan kelompok ini sebagai kelompok teroris dihentikan mulai 11 Maret 2021," kata Mirror Daily yang dikelola negara, mengutip akhir dari serangan dan visi junta untuk membangun "perdamaian abadi nasional".

AA, yang menyetujui gencatan senjata sementara pada November, tidak menanggapi permintaan komentar.

Baca Juga: Para Alumni Kartu Prakerja Gelombang 1-12 Bisa dapat Bantuan Rp10 Juta, yu Cek Cara dan Persyaratannya

Lebih dari dua lusin kelompok etnis bersenjata Myanmar telah mengkritik kudeta dan bahkan menunjukkan dukungan untuk pengunjuk rasa anti-kudeta, tetapi tidak secara signifikan meningkatkan tindakan militer atau meninggalkan kesepakatan gencatan senjata.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x