Masih Pandemi Covid-19, Kemenag RI Akan Gelar Sidang Isbat Secara Daring

- 12 Mei 2021, 12:28 WIB
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin. /Screenshot Antara/

PRIANGANTIMURNEWS- Momen penentuan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah sangat ditunggu tunggu oleh seluruh umat muslim.

Hal tersebut mendapat perhatian khusus dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) rencananya akan menggelar sidang isbat secara daring maupun luring pada Kamis 12 April.

"Ya sidang isbat akan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi covid-19, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dikutif dari antaranews.com Rabu, 12 Mei 2021 pagi.

Mengingat masih pandemi, pastinya kehadiran peserta dibatasi sesuai ketentuan prokes. Peserta hanya boleh berpartisipasi melalui telekonferensi jaringan internet.

Baca Juga: PBNU Tetapkan Idul Fitri 1442 Hijriah Kamis 13 Masehi

"Sidang akan dimulai dengan posisi hilal awal Ramadan dan pelaksanaan rukyatul hilal. Secara hisab, posisi hilal awal Ramadan 1442 H sudah di atas ufuk berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit. Hasil hisab akan dikonfirmasi melalui Rukyatul Hilal yang akan digelar di 86 titik di seluruh Indonesia,"katanya.

Katanya, di Jakarta, rukyatul hilal akan dilaksanakan di gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid KH Hasyim Asy'ari, dan Masjid Al Musyari'in Basmol.

Untuk pelaksanaan sidang isbat oleh Kementerian Agama sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 bhawa penetapan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah.

Baca Juga: Kemenag RI Tetapkan Idul Fitri Kamis 13 Mei

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: AntaraNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah