Unik, Ini Lho Sejarah Lomba Makan Kerupuk pada Peringatan HUT RI (Lomba Agustusan)

- 11 Agustus 2021, 21:15 WIB
/

PRIANGANTIMURNEWS-Lomba makan kerupuk menjadi salah satu ikon kegiatan Peringatan HUT RI.

Tak banyak yang tahu, ini lho sejarah lomba makan kerupuk pada Peringatan HUT RI, seperti diunggah Kemendikbud Ristek melalui akun Instagramnya @kemdikbud.ri, Rabu (11 Agustus 2021).

Seperti diketahui, kerupuk merupakan salah satu makanan pelengkap yang populer dalam menu bersantap masyarakat Indonesia, khususnya pada 1930-1940.

"Kala itu krisis ekonomi sedang terjadi di Indonesia dan menyebabkan harga kebutuhan pangan melonjak sehingga tidak terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah ke bawah," demikian informasi yang tertulis.

Akhirnya kerupuk pun menjadi salah satu pangan penyambung hidup lantaran harga yang tidak terjangkau.

"Pada tahun 1950-an mulai bermunculan lomba-lomba untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, salah satunya adalah lomba makan kerupuk," lanjut infografis tersebut.

Baca Juga: Link Download Bumper/Intro Video HUT RI ke-76/17 Agustus 2021 untuk Youtube, Instagram dan TikTok

Selain untuk menghibur rakyat setelah masa peperangan berakhir, lomba tersebut juga menjadi pengingat bagi masyarakat Indonesia tentang kondisi sulit dan memprihatinkan pada masa perang.

Pada tahun 2021 ini, di tengah suasana pandemi Covid-19, Pemerintah mendorong ekspresi perayaan kemerdekaan akan berpindah ke platform-platform digital.

Suasana kemerdekaan secara digital dapat dinikmati masyarakat melalui kanal Rumah Digital Indonesia www.rumahdigitalindonesia.id, selama satu bulan penuh mulai tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2021.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @kemdikbud.ri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah