WNA dan WNI Dapat Suntikan Vaksin Covid-19 di Luar Negeri, Segera Diverifikasi Rekam Medisnya

- 18 Agustus 2021, 21:57 WIB
Ilustrasi vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi /Zona Surabaya Raya/Humas Pemkot Surabaya

PRIANGANTIMURNEWS- WNA dan WNI yang mendapat suntikan Covid-19 di luar negeri dapat segera diverifikasi rekam medisnya di klinik yang ditunjuk oleh kementerian kesehatan agar dapat digunakan di Indonesia.

Negara ini membutuhkan wisatawan domestik jarak jauh - melalui udara, laut dan darat - untuk divaksinasi.

The Straits Times memahami bahwa individu yang ingin memverifikasi catatan mereka harus terlebih dahulu menjalani tes serologi di klinik yang ditunjuk untuk mendeteksi keberadaan antibodi Covid-19 sebelum mengunggah kartu vaksin luar negeri mereka dan memasukkan nomor paspor mereka pada aplikasi pelacakan PeduliLindungi, the Indonesia setara dengan TraceTogether Singapura.

Baca Juga: Pastikan Terdaftar Penerima BLT UMKM atau Tidak, Lakukan Langkah Berikut Ini

"Peraturan itu harus keluar dalam bulan ini," kata seorang pejabat senior pemerintah yang berbicara dengan syarat anonim kepada The Straits Times, Rabu 18 Agustus.

Negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 17.000 pulau, meningkatkan upaya vaksinasinya, dan sejak minggu lalu telah berada di daftar 10 besar dunia untuk jumlah total dosis vaksin Covid-19 yang diberikan, menurut situs web Our World in Data . China, Amerika Serikat, Inggris dan Jepang juga ada dalam daftar.

Memasuki pusat perbelanjaan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, termasuk Surabaya dan Bandung, juga memerlukan bukti bahwa seseorang telah divaksinasi.

Klinik, termasuk yang dikelola swasta, yang memiliki outlet di daerah tempat tinggal banyak ekspatriat, seperti Bali, Jakarta, Batam dan Surabaya, akan ditunjuk untuk membantu memberikan layanan, The Straits Times memahami.

Baca Juga: PSSI Gandeng UPI, dkk. Kembangkan Sepak Bola Nasional

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Straits Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x