Wapres: Perlu Pengetatan di Pintu Masuk ke Indonesia untuk Mengantisipasi Meluasnya Penyebaran Varian Omicron

- 18 Desember 2021, 12:13 WIB
Wapres Ma'aruf Amin sedang Kongres ke-22 Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali.
Wapres Ma'aruf Amin sedang Kongres ke-22 Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Bali Nusa Dua Convention Center, Badung, Bali. /Kominfo/

 

 
PRIANGANTIMURNEWS - Covid-19 varian baru Omicron dikabarkan telah tiba di Indonesia. Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma`ruf Amin menekankan perlunya pengawasan ketat terhadap kedatangan orang asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri melalui jalur darat, laut, dan udara. 
 
 "Pertama, tentu saja, tutup entri [Omicron varian] di berbagai pintu masuk, udara, laut dan darat, yang tentu saja tidak memungkinkan," kata Wakil Presiden dalam pembukaan ke-22 Ikatan Insinyur Indonesia. siaran persnya, Bali Nusa Dua Convention Center (PII). , Badung, Bali 17 Desember 2021.
 
Lebih lanjut Wapres menyampaikan, dari sisi pencegahan mandiri, masyarakat diimbau untuk semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. 
 
 
 “Kedua, karena ini sudah mulai masuk, kita memperketat protokol kesehatan terutama masker kemudian juga Peduli Lindungi,” imbau Wapres. 
 
 Terkait upaya pemerintah, Wapres meminta agar jajaran pemerintah baik di pusat maupun daerah untuk meningkatkan testing, tracing dan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk menerima vaksinasi. 
 
 “Dan juga halhal yang menyangkut testing dan tracing, kemudian vaksinasi ini akan dipercepat. Bahkan kita Januari ini sudah masuk booster, ini penting,” tutur Wapres.
 
 
Terkait pengetatan nilai PPKM menyambut libur Natal dan Tahun Baru, Wapres mengatakan akan diterapkan nilai yang diumumkan pemerintah, namun pengetatan tersebut merupakan yang terbesar di masing-masing daerah. 
 mengatakan, “Kencangkan pelaksanaan PPKM di masing-masing daerah sesuai jenjangnya,” Wapres. 
 
 mengatakan, "Jadi kalau bisa naik level, turun, mungkin tidak ada yang turun bulan Januari. Kalaupun tidak level 3, pengetatan ini bisa dilakukan dan" tutup Wapres. Dilansir dari Kominfo.***
 

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x