Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah Melauncing Aplikasi SIAPkerja

- 21 Maret 2022, 14:18 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat melaunching aplikasi SIAPkerja
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat melaunching aplikasi SIAPkerja / Instagram @Kemenaker  /
 
PRIANGANTIMURNEWS - Menteri Tenagakerja Republik Indonesia (Menaker) resmikan membuka KIOS SIAP kerja bagi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) se-Indonesia.
 
Pelaksanaan Pelatihan Vokasi merupakan salah satu bentuk implementasi dari Lompatan Transformasi BLK, yang saling terintegrasikan satu dengan lainnya. Sebagai hulu pelaksanaan pelatihan vokasi adalah Sistem Informasi Pasar Kerja.
 
"Alhamdulillah, Kemnaker telah membangun Sistem Informasi Pasar Kerja dalam aplikasi SIAPkerja."kata, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com dari Instagram kemenaker Senin 21 Maret 2022.
 
 
Menurutnya, hari ini kita akan menyaksikan bersama peresmian secara simbolis Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja) di BPVP Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Menaker Ida menjelaskan layanan SIAPkerja merupakan branding baru dari Kementerian Ketenagakerjaan dengan melakukan penyempurnaan di berbagai segi dari Sisnaker.
 
Menurut, Ida, pada layanan digital SIAPkerja itu terintegrasi pada empat pelayanan ketenagakerjaan secara digital.
 
 
Pertama adalah Skillhub, sebuah pelayanan yang mengkhususkan pada peningkatan kompetensi angkatan kerja Indonesia agar makin tinggi dan memenuhi kriteria kebutuhan tenaga kerja baik dari sektor industri maupun lainnya. 
 
"Adapun skillhub meliputi skilling, reskilling, dan upskilling."kata, Ida.
 
Kedua Sertihub, pelayanan sertifikasi ketenagakerjaan untuk standar kompetensi dengan kualitas yang terjamin untuk setiap pelatihan. 
 
"Sertifikasi itu juga menjadi acuan baik untuk para pencari kerja dalam mengikuti pelatihan dan upskilling."ujarnya.
 
 
Ketiga Karirhub, menghubungkan para pencari kerja dengan pemberi kerja. 
 
"Portal itu diharapkan menjadi jembatan efektif dalam rangka link and match ketenagakerjaan kompeten dan bersertifikat dengan perusahaan yang membutuhkan calon pegawai."ujarnya.
 
Keempat Bizhub, untuk memberikan pelayanan kepada angkatan kerja yang mempunyai minat sebagai Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dengan pelatihan bisnis, mentoring, jaringan usaha, dan pembiayaan modal usaha.***
 
 
 
 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x