Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov Tidak Menghormati Pertemuan G20

- 9 Juli 2022, 10:21 WIB
Menlu Rusia dan Menlu Indonesia.
Menlu Rusia dan Menlu Indonesia. /ANTARA

PRIANGANTIMURNEWS- Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov tidak menghormati pertemuan G20 karena meninggalkan ruangan ketika peserta lain masih berbicara.

Hal tersebut disampaikan Perwakilan Tinggi Uni Eropa (EU) Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan (HRVP) sekaligus Wakil Presiden Komisi Eropa Josep Borrell.

Josep Borrell mengomentari Lavrov yang segera meninggalkan ruang Pertemuan Menlu G20 (G20 Foreign Ministers’ Meeting/FMM) yang diselenggarakan di salah satu hotel di Nusa Dua, Bali, setelah dia selesai berbicara menyampaikan pandangan Rusia.

Lavrov tidak mendengarkan pemaparan dari menteri lain yang berbicara setelah gilirannya.

Baca Juga: 6 Tanda psikologi Kamu Lelah Secara Mental. Ke 4 Sering Terjadi

Sikap Lavrov, menurut Borrell, menunjukkan bahwa dia tidak menghormati pertemuan G20 dan tidak hadir untuk mencari solusi atas konflik Rusia dengan Ukraina.

Padahal, permasalahan tersebut tengah disorot dalam pertemuan tersebut sebagai salah satu tantangan global saat ini, selain pandemi Covid-19.

“Dia berbicara kemudian pergi tanpa memberikan penjelasan apa pun. Tidak mendengarkan menteri yang lain (berbicara) dan menghindari segala jenis interaksi maupun diskusi,” kata Borrell kepada beberapa media usai FMM G20 di Nusa Dua, Jumat 8 Juli 2022 malam.

Dikutip dari antaranews.com, Borrell mengungkapkan bahwa pertemuan itu berlangsung secara sopan, tetapi juga dalam suasana emosional karena membahas masalah hidup dan mati orang-orang dalam perang di Ukraina.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x