Beberapa Kontroversi Lukas Enembe, Gubernur Papua yang Ditangkap KPK

- 10 Januari 2023, 17:27 WIB
Potret Lukas Enembe saat masih menjabat gubernur Papua
Potret Lukas Enembe saat masih menjabat gubernur Papua /Humas Pemprov Papua/

PRIANGANTIMURNEWS - Lukas Enembe kembali menjadi sorotan publik, hal itu terjadi setelah KPK yang dibantu aparat keamanan akhirnya berhasil menangkap Gubernur Papua tersebut atas kasus suap dan gratifikasi proyek di Papua.

Lukas Enembe ditangkap pada hari Selasa, 10 Januari, 2023. Menurut informasi, Enembe ditangkap penyidik KPK di sebuah restoran di Distrik Abepura, Kota Jayapura, sekitar pukul 11.00 WIT. Setelah itu, ia dibawa ke Mako Brimob Kotaraja, Jayapura.

Sebelumnya Lukas Enembe sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 5 September 2022 lalu.

Baca Juga: Simak Kriteria atau Persyaratan Menjadi Guru Penggerak, Berikut Penjelasannya

Sepekan setelah dia ditetapkan sebagai tersangka, gelombang demonstrasi terjadi di Jayapura yang menentang penetapan tersangka Gubernur Papua tersebut.

KPK pun beberapa kali memanggil Lukas Enembe untuk diperiksa sebagai tersangka. Akan tetapi, Lukas tak menghadiri panggilan itu dengan alasan sakit.

Sampai akhirnya di tanggal 10 Januari 2023, Lukas Enembe berhasil ditangkap penyidik KPK saat sedang makan di sebuah restoran di Kota Jayapura.

Sebelum akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, ada sederet kontroversi yang telah dilakukan Lukas Enembe. Berikut beberapa Kontroversinya:

Baca Juga: Hidungnya Berdarah Akibat dari Dugaan KDRT Ferry Irawan, Hotman Paris Layangkan Pembelaan  

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: KPK Antaranews PPATK.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x