Ikan Dingkis Harta Karun Masyarakat Belakangpadang Kota Batam, pundi-pundi Cuan didapat walau 1 tahun sekali

- 26 Januari 2023, 19:36 WIB
Ilustrasi ikan dingkis/batamline.id/
Ilustrasi ikan dingkis/batamline.id/ /

PRIANGANTIMURNEWS - Laili (42) seorang guru ngaji di daerah sekitar tempat tinggalnya menceritakan setiap tahunya selalu beralih  haluan dengan memanfatkan moment Imlek mencari ikan dingkis di pulau Belakangpadang Kota Batam seperti beberapa hari lalu.

Laili bersama beberapa rekanya yang tinggal di pulau Belakangpadang Kota Batam beralih profesi dadakan menjadi nelayan mencari ikan dingkis.

Dilansir Priangantimurnews  Kamis 26 Januari 2023 dari Antaranews, ikan dingkis merupakan jenis ikan spesial yang menjadi harta karun bagi masyarakat pulau sekitar.

Baca Juga: Catatan Gempa Bumi Sulawesi dan Maluku, 18 sampai 26 Januari Pasca Guncangan 5,7 Magnitudo

Yang menjadi keunikan dari ikan dingkis ini adalah, hanya bisa bertelur dan berkembang biak hanya disaat menjelang Imlek saja, sedangkan pada hari-hari biasa seperti sekarang justru menghilang.

Ikan dingkis juga dikenal dengan bau amisnya yang menyengat, sehingga peminatnya di hari-hari biasa seperti sekarang pasca Imlek kurang, dan anehnya disaat menjelang Imlek bau amis yang dikeluarkan dari ikan dingkis hilang bahkan jumlah habitatnyapun menjadi banyak.

Laili menuturkan, " pada Imlek tahun ini mendapatkan hasil tangkapan ikan dingkis sampai puluhan juta rupiah per hari yang dibagi dengan timnya ".

Maka tak heran jenis ikan ini di moment Imlek setiap tahun harganya melangit hingga 10 kali lipat.

Baca Juga: Ingin Belajar di Perguruan Tinggi Terbaik Dunia Gratis,Daftar Segera Program IISMA 2023

Seperti yang diterangkan Laili, pada hari-hari biasa harga ikan dingkis per kilo gramnya hanya Rp30 ribu, namun menjelang Imlek harganya bisa mencapai Rp300 ribu sampai Rp500 ribu per kg.

Bagi masyarakat Tionghoa yang ada di sekitar pesisir Malaka dipercaya mengkomsumsi ikan dingkis di saat Imlek akan membawa keberuntungan dan kemakmuran.

" Ikan dingkis yang berasal dari pulau Belakangpadang sangat diminati dan disukai orang-orang Singapura bahkan mereka bisa membedakan antara ikan dingkis Belakangpadang dengan yang bukan dari pulau Belakangpadang ", ujar Laili.

Baca Juga: Ajukan Cerai, Venna Melinda Serahkan Bukti-Bukti Dugaan KDRT ke Polda Jatim

" Hanya moment Imleklah yang menjadi sumber rezeki dari ikan dingkis bagi masyarakat Melayu setiap tahunya ", pungkas Laili.***

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x