Tata Cara Budi Daya Ikan Nila di Kolam Beton dan Terepal

- 20 September 2022, 12:38 WIB
Conto kolam beton tempat budi daya ikan nila.
Conto kolam beton tempat budi daya ikan nila. /YouTube/Hasil Daya/

PRIANGANTIMURNEWS- Jika anda ingin memulai usaha atau bisnis Ikan Nilai dengan cara budidaya sendiri. Tentu tidak asal asalan. Tetapi membutuhkan keahlian.

Budi daya Ikan Nila tidak hanya bisa dilakukan di kolam tanah tetapi juga bisa dilakukan di kolam terbuat dari beton dan juga terepal.

Kolam ikan beton atau kolam ikan terbuat dari terpal. Kelebihan jika budidaya dilakukan di kolam beton, yakni akan lebih awet, tidak mudah bocor, tahan terhadap tekanan air, serta lebih mudah mengontrol air. 

Baca Juga: Komunitas Sahabat Polisi Mengancam Najwa Shihab Untuk Meminta Maaf Kepada Polri

Hanya saja untuk kolam beton perlu biaya yang mahal, pakan alami tidak bisa sebanyak kolam tanah, serta proses penguraian alami sulit terjadi. 

Sedangkan kolam terpal sendiri sangat cocok bagi daerah yang kurang akan air dan mempunyai lahan yang sempit. 

Keuntungan lain dari kolam terpal adalah suhu air cenderung stabil, ikan hasil panen tidak berbau lumpur, cara memanen ikan lebih mudah, pengolahan lebih praktis dan cepat.

Baca Juga: Lihat Maung Bandung Jalankan Taktik Luis Milla! Alexander Persib Ungkap Begini!

Selain itu kelangsungan hidup ikan jauh lebih tinggi. Adapun kekurangan jika budidaya ikan di terpal antara lain kolam terpal rawan bocor, bisa lapuk karena air hujan dan sengatan sinar matahari.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: YouTube Hasil Daya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x