Wilayah Banten Diguncang Gempa 5,2 Magnitudo, Aktivitas Lempeng Indo-Australia Menjadi Penyebabnya

- 7 Februari 2023, 13:46 WIB
Peta yang menunjukkan adanya gempa bumi di Banten./Antara.//
Peta yang menunjukkan adanya gempa bumi di Banten./Antara.// /

PRIANGANTIMURNEWS- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,2 magnitudo mengguncang wilayah Banten hari ini, Selasa 7 Februari 2023 pukul 07.35 WIB.

BMKG mencatat, gempa bumi tersebut berpusat atau episentrum nya terletak pada koordinat di 7,40 derajat Lintang Selatan, 105,90 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 kilometer barat daya Bayah, Banten dengan kedalaman 41 kilometer.

Selain itu, BMKG juga menyampaikan bahwa gempa Banten dengan kekuatan 5,2 magnitudo tersebut diakibatkan adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

Baca Juga: Dunia Berduka! Update Gempa Turki dan Syria, 4000 Jiwa Meninggal Dunia!

Dikutip priangantimurnews dari Antara, "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam dibawah lempeng Eurasia", kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta.

Ia juga menambahkan, bahwa hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust).

Selain di terasa di daerah Banten, gempa bumi ini dirasakan ke beberapa wilayah seperti daerah Serang, Pandeglang, Tangerang, Bogor, Sukabumi, Cianjur sampai dengan Bandung, namun getaran yang dirasakan tidak begitu kuat.

Baca Juga: Ini Sosok Ibu Muda Pelaku Pelecehan Terhadap Belasan Anak Dibawah Umur di Jambi

Daryono menyebutkan, bahwa dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi di Banten ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 08.00 WIB berdasarkan hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x