Kebakaran Hutan Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah Mencapai 8 Hektare lebih

- 4 Oktober 2023, 19:31 WIB
Gugusan asap kebakaran Gunung Lawu yang semakin meluas ke berbagai wilayah
Gugusan asap kebakaran Gunung Lawu yang semakin meluas ke berbagai wilayah /tangkapan GWA RelaWan/

PRIANGANTIMURNEWS -Hutan Gunung Lawu yang terletak di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, terbakar.

Kebakaran hutan Gunung Lawu hingga Selasa 3 Oktober 2023 kemarin  dikabarkan mencapai 8 hektare.

Kepala Bagian Pelayanan Sosial PMI Kota Surakarta Wanto mengatakan kebakaran hutan Gunung Lawu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, sementara mencapai luas sekitar 8 hektare, hingga Selasa 3 Oktober 2023.

Baca Juga: Hutan di Gunung Kancil dan Gunung Lebak Serang Terbakar di Garut

Berdasarkan pemantauan di Jalur pendakian Candi Cetho, kobaran api mengarah ke wilayah Pos Babar, Jalur Pendakian Tambak, Berjo, dan Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso.

Tim gabungan dari berbagai instansi yang terlibat yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, TNI, Polri, Perhutani, Dinas Pemadam Kebakaran, relawan PB dan masyarakat, dengan 44 instansi atau organisasi, dengan jumlah total 324 personel.

Akibat meluasnya kebakaran hutan di Gunung Lawu Kabupaten Karanganyar yang telah terjadi sejak Sabtu (30/9) tersebut kini ditetapkan sebagai Darurat Tanggap Bencana.

Baca Juga: Kebakaran Hutan Pulau Maui di Hawaii Sebabkan 93 Kematian dan 2.200 Bangunan Hangus

Wanto menyampaikan bahwa PMI Kota Surakarta berdasarkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan di Gunung Lawu tersebut, mengirimkan bantuan logistik bagi para relawan yang ada di posko jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho.

"Logistik tersebut ada sebanyak 125 kg beras, 10 dos mie instan, 5 kg telur, 1 dos teh, serta 12 liter minyak yang didistribusikan ke Posko Pendakian Gunung Lawu via Cetho," ujar Wanto.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x