Jenderal Agus Subiyanto Calon Tunggal Panglima TNI, Ini Penjelasan KSAD

- 8 November 2023, 19:02 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto (depan) dalam apel gelar pasukan pengaman Pemilu dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Monas, Jakarta Pusat
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto (depan) dalam apel gelar pasukan pengaman Pemilu dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Monas, Jakarta Pusat /Ilham Kausar/ANTARA

PRIANGANTIMURNEWS - Panglima TNI Yudo Margono sebentar lagi akan berhenti karena memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2022 nanti.

Sebagai penggantinya presiden Joko Widodo telah mengusulkan calon tunggal Jenderal Agus Subiyanto ke DPR.

Menanggapi usulan tersebut, Agus Subiyanto yang kini menjabat
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menegaskan, penunjukan dirinya sebagai calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono adalah hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Perjalanan Karir Agus Subiyanto, Sang Jenderal dalam Lingkaran Dekat Presiden Jokowi

"Ya, itu kan semuanya hak prerogatif presiden. Jadi, saya pokoknya saya sudah sampaikan, loyal sama presiden," katanya saat ditemui pers, usai apel gelar pengamanan Pemilu 2024 di Monas, Jakarta Pusat, Rabu 8 Nopember 2023.

Agus juga tidak memungkiri memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena dirinya pernah bertugas selama satu tahun di Surakarta saat Jokowi menjadi wali kota di daerah itu.

"Saya pernah ditempatkan di mana saja gitu. Jadi, kalau kedekatan, saya pernah juga, kedekatan sama Presiden, itu saya Dandim. Kedekatan kita, ya kedekatan kerja," jelasnya.

Baca Juga: Bebaskan Pilot Susi Air Tak Gunakan Kekuatan Militer, Ini Penjelasan Panglima TNI Yudo Margono

Namun, Agus mengaku tidak hanya dekat dengan Jokowi.

Dia selalu menjalin kerja sama yang baik dengan seluruh pimpinan daerah di tempatnya bertugas.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x