Tetap Jaga Asupan Gula Berlebih di Hari Natal, Agar Tubuh Selalu Bugar Disiplin Pola Makan

- 24 Desember 2023, 15:28 WIB
Ilustrasi kue khas Natal atau sugar cookies.
Ilustrasi kue khas Natal atau sugar cookies. /Pixabay/JillWellington/

PRIANGANTIMURNEWS - Biskuit atau kue-kue kering yang sering disajikan pada perayaan termasuk Natal dapat mengandung tinggi gula, menyebabkan konsumsi berlebihan dapat menambah asupan gula secara tidak disadari.

Dapat diketahui dalam kandungan satu biskuit atau kue bisa mengandung 11-20 gram gula.

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu 24 Desember 2023, dr Debora Aloina Ita Tarigan, Medical Underwriter Sequis, mengingatkan bahwa batasan konsumsi gula harian yang disarankan adalah 50 gram.

Baca Juga: Wilayah Gaza Utara Telah di Duduki Israel, Masuki Perang Tahap 3 Beralih Pada Serangan Udara

Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang seperti obesitas, diabetes, dan peradangan kronis.

Seperti juga yang disarankan Kementerian Kesehatan, bahwa diusahakan untuk membatasi konsumsi gula per hari yakni 50 gram atau setara 4 sendok makan gula.

Meskipun manusia membutuhkan gula untuk sumber energi, tetapi bilamana dikonsumsi secara berlebihan bisa berkontribusi menyebabkan penambahan berat badan, obesitas, diabetes bahkan meningkatkan peradangan kronis.

Baca Juga: Bobotoh Serbu Instagram Mohammed Rashid Minta Barter Dengan Stefano Beltrame

Debora juga menyarankan agar selama liburan Natal dan Tahun Baru, masyarakat tetap memperhatikan pola makan sehat, memilih makanan bergizi, dan menjaga asupan cairan.

Halaman:

Editor: Rahmawati Huda

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x