Umat Islam Wajib Tahu, Ini Pentingnya Membaca Surat Al-Fatihah

- 3 Maret 2021, 21:10 WIB
Ilustrasi Al Quran.
Ilustrasi Al Quran. /Pixabay/Pexels

PRIANGANTIMURNEWS- Surat Al-Fatihah adalah salah satu surat yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an.

Surat Al-fatihah artinya pembukaan, yang berarti bahwa surat ini merupakan surat pembuka dari seluruh surat yang ada di Al-Qur’an. Surat ini tepat ditempatkan di awal halaman, sebelum surat yang kedua yaitu surat Al-Baqarah.

Selain itu, surat Al-fatihah sering disebut sebagai ummul Al-Qur’an artinya Ibu dari Al-Qur’an atau induknya Al-Qur’an. Sedangkan, Qolbun Al-Qur’an adalah Surat Yasin.

Baca Juga: Mahasiswa Baru Harus Tahu, Ini 10 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2021

Dilansir dari beberapa sumber, sangat penting untuk membaca surat Al-fatihah bahkan sangat dianjurkan untuk dijadikan dzikir sehari-hari.

Mengapa sangat dianjurkan? Karena terdapat beberapa manfaat yang bisa dilakukan dengan membaca Al-fatihah, sebagaimana berikut:

Pertama, surat Al-fatihah sering dibaca untuk arwah, artinya jika seseorang ingin mengirimkan doa kepada orang yang telah meninggal, maka disunatkan untukmengakhiri doa tersebut dengan bacaan surat al-fatihah.

Baca Juga: Liverpool Didesak untuk Merekrut Erling Haaland daripada Kylian Mbappe yang Terlalu Mahal

Kedua, Tanpa membaca Al-fatihah, sholat tidak sah. Surat Al-fatihah adalah salah satu rukun sholat yang jika tidak dibaca maka sholatnya tidak sah karena meninggalkan rukun sholat.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x