PC PMII Ciamis Serahkan Kantong Plastik Ramah Lingkungan (RAMLING) kepada Bupati Ciamis

- 19 Juli 2021, 20:58 WIB
Penyerahan Kantok Plastik Ramah Lingkungan (RAMLING) Kepada Bupati Ciamis.
Penyerahan Kantok Plastik Ramah Lingkungan (RAMLING) Kepada Bupati Ciamis. /Anggota PC PMII Ciamis/

PRIANGANTIMURNEWS- Dalam rangka mendukung Peraturan Bupati No. 27 tahun 2021, PC PMII Ciamis telah membagikan kantong plastik ramah lingkungan (RAMLING) sebanyak 100 pack ke beberapa DKM-DKM di daerah Ciamis pada hari Sabtu lalu (17 Juli 2021), dengan harapan agar saat panitia kurban membagikan daging kurban kepada masyarakatnya, sudah tidak menggunakan lagi kantong plastik biasa (kresek), tetapi menggunanakan kantong plastik yang ramah lingkungan.

Irsal selaku ketua PC PMII Ciamis menyampaikan, "perlu diketahui bersama bahwasannya kantong plastik yang telah PMII bagikan bukan sekedar plastik biasa, tetapi ini plastik yang ramah lingkungan dengan teknologi Oxium melalui 3 tahap tier, yakni Oksidasi-Biodegradasi-Ekotoksisitas yang akan mempercepat plastik ini terdegradasi dan terfragmentasi hingga terurai 2-4 tahun saja".

Baca Juga: Resep Rendang Empuk untuk Hari Raya Idul Adha

Irsal menambahkan, "ketika sampah (plastik) berada di lingkungan/sudah dibuang, mereka tidak bisa cepat membusuk seperti bahan alami. Tentu dengan kehadiran sampah plastik ini merupakan ancaman bagi lingkungan kita semua yang harus kita perhatikan. Karena permasalahan sampah (plastik) itu berada pada waktu yang dibutuhkan untuk mengurainya harus lama hingga ratusan tahun".

Irsal berharap, "dengan adanya Peraturan Bupati ini, kedepannya persolan-persoalan sampah khususnya sampah plastik yang ada di ciamis bisa terselesaikan dengan tuntas dan lingkungan bisa terjaga" tambahnya.

Irsal juga mengajak kepada seluruh stake holder dan masyarakat di ciamis, "untuk mari bersama-sama menumbuhkan kesadaran, menjaga lingkungan, dengan memulai menggunakan plastik yang ramah lingkungan, jangan menggunakan plastik biasa karena itu akan berdampak pada lingkungan kita".

Baca Juga: Besok Hari Raya Idul Adha 2021, Berikut Niat dan Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Sholat Sunnah Id

"Mari bersama-sama menjaga lingkungan kita, jangan sampai masyarakat abai akan persoalan ini, kesadaran bersama akan menjadi penentu bagaimana kita menjaga alam dan se-isinya" pungkasnya.

Tepat pada hari ini senin (19 Juli 2021), PMII Ciamis menyerahkan secara simbolis Kantong Plastik Ramah Lingkungan (RAMLING) ini kepada Bupati Ciamis (Dr. H. herdiat Sunarya, MM).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x