Kabid Kesmas Dinkes Kota Tasikmalaya, Suryaningsih Jelaskan Bahaya Puntung Rokok

- 8 Juni 2022, 10:46 WIB
Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Suryaningsih
Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Suryaningsih /PRMN/PRIANGANTIMUTNEWS/EDI MULYANA/

PRIANGANTIMURNEWS- Banyak faktor yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dan juga berdampak pada kesehatan manusia, salah satunya dari faktor kebiasaan buruk para peroko yang membuang puntung rokok sembarangan.

Membuang puntung rokok sembarangan memang jika diliat tidak seberapa karena bentuknya kecil. Namun dari masalah yang kecil bisanya malah menjadi besar seperti halnya membuang puntung rokok.

"Dampak dari puntung rokok akan melahirkan sejuta masalah yang mengancam kesehatan dan lingkungan," kata Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Suryaningsih kepada priangantimunews.com Rabu 8 Juni 2022.

Baca Juga: Sudah Final, Airlangga Hartarto Calon Presiden dari Partai Golkar di Pilpres 2024

Sebuah penelitian mengatakan puntung rokok yang dibuang di asbak dapat menghasilkan setara 14 persen nikotin dari rokok yang terbakar per harinya. 

Pada tahun 2019 ditemukan 33,760 batang rokok di perairan Indonesia. Walaupun mengandungi limbah B3, belum ada upaya pengelolaan khusus di Indonesia.

Pada Desember 2019, belasan penyu mati secara beruntun di perairan Bengkulu. Kematian satwa tersebut juga terjadi di beberapa daerah lainnya. 

Belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, di antara belasan penyu itu, ditemukan berbagai macam sampah mulai dari plastik, karet hingga puntung rokok di dalam pencernaannya.

Baca Juga: Ini Jadwal Lengkap Masuk Raudhah bagi Jemaah Haji Indonesia

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x