Luar Biasa, Kopi Garut Sudah Tembus Pasar Ekspor

- 4 November 2020, 20:12 WIB
Wakil Bupati garut, Helmi Budiman merasa bangga karena kopi Garut saat ini sudah bisa tembus pasar ekspor
Wakil Bupati garut, Helmi Budiman merasa bangga karena kopi Garut saat ini sudah bisa tembus pasar ekspor /Eep Handy/

PRIANGANTIMURNEWS- Kabupaten Garut memiliki potensi komoditi kopi yang sangat besar. Selain memiliki lahan kebun kopi yang sangat luas, komoditi kopi Garut juga dikenal sebagai salah satu kopi kualitas terbaik.

Tak heran kalau selama ini kopi Garut banyak diminati bukan hanya di Garut tapi juga oleh para penikmat kopi di luar Garut bahkan di luar negeri. Begitupun untuk kebutuhan cafe-cafe baik di Garut maupun kota besar lainnya, selama ini disuplai dari Garut. 

 

Wakil Bupati Garut, Helmi Budaiman, menyebutkan selama ini hasil pertanian kopi dari Garut bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan para penikmat atau pengusaha kopi di Garut. Lebih dari itu, kopi Garut juga telah memapu memenuhi kebutuhan penikmat dan pengusaha kopi di luar Garut termasuk di sejumlah negara lain.

Baca Juga: Terjadi Pungli Dana BPUM, Bupati Minta Kepolisian Melakukan Pengusutan

"Garut memiliki potensi yang sangat besar di bidang komoditi kopi. Saat ini kita memiliki lahan kebun kopi yang cukup luas yang mengahsilkan kopi dengan kulaitas terbaik," kata Helmi dalam sambutannya pada acara Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Asosiasi Petani Kopi Indonesia (APEKI) DPD Provinsi Jawa Barat, di Fave Hotel, Jalan Cimanuk, Tarogong Kidul, Rabu, 4 November 2020.  

Akibat kualitasnya yang sangat baik, diungkapkan Helmi, kopi Garut bukan hanya diminati oleh penikmat dan pengusaha lokal akan tetapi juga di luar. Hal ini pulalah yang menjadi salah satu alasan Pemkab dan para petani kopi Garut untuk terus mengembangkan pertanian kopi sehingga jumlah produksinya pun terus meningkat.  

 

"Luar biasa memang, saat ini kopi Garut bukan hanya diminati para penikmat dan pengusaha kopi dari kota-kota besar akan tetapi juga sudah bisa menembus pasar ekspor ke beberapa negara," ujarnya.  

Halaman:

Editor: Aep Hendy


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x