Menpora Lakukan Persiapan Menuju PON XX Papua Berjalan Sesuai Rencana

- 24 Juni 2021, 21:05 WIB
Menpora Zainudin Amali  Menpora Zainudin Amali.
Menpora Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali. /Tangkapan layar setkab.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa persiapan fisik dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, khususnya yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan, disampaikan ketika dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema “Mengintip Kesiapan PON XX Papua” secara virtual, Kamis, 24 Juni 2021.

“Persiapan venue, persiapan tempat penginapan, kemudian transportasi dan berbagai hal itu saya kira sudah berjalan. Mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui pendanaan APBN, baik di Kemenpora maupun Kementerian PUPR [q1 Umum dan Perumahan Rakyat], Kemkominfo [Kementerian Komunikasi dan Informatika], kemudian Kementerian Perhubungan dan lain-lain, saya kira itu sudah teralokasi,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Jika Kamu Lewatkan Sarapan Pagi

Hal yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota juga sudah siap.
Persiapan juga telah dilaporkan secara keseluruhan dalam Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 15 Maret silam, yang juga dihadiri oleh Gubernur Papua.

“Setelah kami memaparkan persiapan, kemudian Bapak Presiden bertanya kepada Gubernur Papua, “Pak Gubernur bagaimana”. Sangat singkat jawaban Pak Gubernur waktu itu, bahwa Papua siap menyelenggarakan PON 2021,” ungkapnya.

Lanjutnya menyampaikan, pihaknya terus berkoordinasi terkait kesiapan di lapangan. “Kami bahkan dari Kemenpora menempatkan orang di sana secara bergiliran, kita tugaskan untuk memantau di empat klaster tersebut,” tuturnya.

Baca Juga: Berani Datang? Ini 5 Rumah Sakit Jiwa Paling Angker di Dunia

Menpora menyebutkan dimana secara umum pembangunan fisik dalam rangka persiapan PON XX sudah tidak menjadi kendala.

Termasuk juga pengadaan beberapa peralatan cabang olahraga (cabor) yang menjadi tanggung jawab pihaknya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x