SANGAT DRAMATIS, Indonesia Singkirkan Singapura dari Piala AFF Suzuki Cup 2020

- 26 Desember 2021, 06:51 WIB
Duel pemain di laga Indonesia vs Singapura.
Duel pemain di laga Indonesia vs Singapura. /Instagram.com/@pssi/
PRIANGANTIMURNEWS - Pertandingan semifinal leg 2 piala AFF Suzukui Cup 2020 antara Indonesia melawan Singapura berlangsung cukup dramatis.
 
Kedua tim sama-sama berjuang agar bisa masuk final pada piala AFF Suzuki 2020 di lapangan Stadion Nasional Singapura.
 
Namun berkat kegigihan dari para pemain Indonesia, Singapura asuhan Tatsuma Yoshida tersingkir dari Piala AFF Suzuki cup 2021 setelah kalah 4-2 dari Indonesia di leg kedua semifinal.
 
 
Gol perpanjangan waktu dari Irfan Jaya dan Egy Maulana Vikri memberi tim tandang kemenangan agregat 5-3 dan memastikan pencarian gelar Piala Suzuki pertama Lions sejak 2012 akan terus berlanjut.
 
Pertandingan leg pertama The Lions pada hari Rabu berakhir 1-1 sebagai equalizer Ikhsan Fandi dipatok kembali Indonesia.
 
Dengan beberapa perubahan yang dilakukan Yoshida, Ikhsan memulai pertandingan dari bangku cadangan, dengan tim Singapura yang tampil berbeda untuk leg kedua.
 
 
Di tempatnya adalah striker Geylang International Amy Recha, membuat start pertamanya di Singapura. 
 
Faris Ramli juga diturunkan ke bangku cadangan, dengan Hafiz Nor memulai untuk Lions.
 
Indonesialah yang memimpin pada menit ke-11, saat umpan Hassan Sunny dicegat oleh Witan ia menepis dua pembela dan menemukan Ezra Walian untuk pembuka.
 
 
Empat menit berselang, mereka nyaris menggandakan keunggulan, namun upaya Pratama Rifai hanya bisa ditepis.
 
Singapura berjuang untuk menemukan kaki mereka dalam permainan, dengan serangkaian operan yang salah menempatkan momentum kepada tim Indonesia yang terus menekan pada beberapa kesempatan.
 
Peluang terbaik The Lions datang berkat tendangan keras dari Song Ui-young, yang menemukan Hafiz Nor, namun tembakan terbaiknya masih bisa ditepis.
 
 
Amy Recha kemudian terlihat dijatuhkan di dalam kotak ketika dia akan memanfaatkan bola pantul, tetapi permintaan keras dari Singapura ditepis.
 
Muncul titik nyala. Bek Safuwan Baharudin, yang sebelumnya mendapat kartu kuning lembut oleh wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi, mendapat kartu kuning lagi dan diusir keluar lapangan setelah adu mulut di dalam kotak sebelum tendangan sudut dilakukan. 
 
Tapi Lions menahan keberanian mereka dan menyamakan kedudukan, dengan Song mencetak gol di babak pertama tambahan waktu untuk menyenangkan para penggemar Singapura.
 
 
Indonesia menambah tekanan di babak kedua dan memiliki tembakan rebound yang melenceng dari mistar pada menit ke-59.
 
Yoshida memberikan perhatian pada angin dengan substitusi tiga kali, memasukkan Ikhsan, Faris dan Shawal Anuar.
 
Dan Shawal yang hampir membuat dampak instan satu menit setelah masuk, tapi tendangannya melebar.
 
Bek Irfan Fandi menerima perintah berbaris pada menit ke-67, setelah ia menarik Irfan Jaya saat ia berlari menuju gawang. 
 
 
Wasit menganggap bek Singapura telah menyangkal peluang mencetak gol yang jelas bagi penyerang.
 
Tak lama kemudian, gelandang Singapura Shahdan mengira dia telah menjadi pemenang pertandingan saat dia melepaskan tendangan bebas melengkung melewati kiper Indonesia untuk membawa Singapura unggul.
 
Tapi Indonesia belum selesai, dan mereka menyamakan kedudukan dengan empat menit tersisa, milik Pratama Arhan.
 
Dengan permainan di garis, Faris memiliki peluang untuk memastikan kemenangan yang terkenal, tetapi penaltinya ditepis oleh kiper Indonesia Nadeo Winata.
 
 
Kemudian datang penentu untuk Indonesia dengan hanya satu menit bermain di perpanjangan waktu. Saat Irfan Jaya mencoba memaksa bola melewati garis, bola memantul dari Shawal ke gawang.
 
Indonesia nyaris memperbesar keunggulan mereka dalam beberapa kesempatan, jika bukan karena kerja luar biasa dari kiper Singapura Hassan Sunny.
 
Pemain pengganti Egy kemudian menggandakan keunggulan Indonesia tepat sebelum akhir babak pertama perpanjangan waktu untuk memastikan kemenangan.
 
 
Hassan menerima perintah berbaris dengan waktu yang terus berjalan saat Singa turun menjadi delapan orang.
 
Meski kalah, apresiasi penonton terhadap tim yang kecewa saat peluit panjang berbunyi menunjukkan permainan semuanya berakhir dengan tiupan pluit.***
 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Channelnewsasia.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x