Kemdikbud berikan Tips Membangun Keterampilan Kerja Sama pada Anak

- 1 Maret 2021, 18:49 WIB
Ilustrasi kerjasama.
Ilustrasi kerjasama. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Kerja sama adalah sebuah keterampilan sangat penting untuk dimiliki oleh individu masyarakat.

Kerja sama berkaitan erat dengan kecerdasan sosial yang harus dibangun oleh seorang pendidik dalam memberikan pembelajaran di sekolah.

Peserta didik sebagai objek pembelajaran harus berkontibusi secara aktif dalam proses pembelajaran baik itu antara pendidik dan peserta didik atau antara peserta didik dengan peserta didik lainnya.

Baca Juga: Pemda Pangandaran Akan Keluarkan SE Larangan Penangkapan Benih Lobster

Dikutip priangantimurnews dari Instagram Kemdibud RI (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) memberikan tips bagaimana membangun keterampilan kerja sama pada anak, yaitu sebagai berikut:

Pertama, Membiasakan anak untuk dapat bergiliran. Pendidik atau orangtua bisa berperan membangun kerja sama pada diri anak dengan selalu memberikan kesempatan kepada anak.

Kesempatan tersebut artinya bisa berarti semua anak dibiasakan untuk mendapatkan giliran dalam proses pembelajaran, seperti mendapatkan giliran membaca di depan kelas, mengerjakan soal perintah pendidik, berkelompok dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kisah Ikhtiar Saung Angklung Udjo di Tengah Pandemi

Kedua, Tunjukkan bahwa kontribusi anak penting. Dalam berinteraksi secara sosial, seorang pendidikan harus menunjukan dan selalu melibatkan peserta didik.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x