Yuk Mengenal Pengertian dan Perkembangan Ilmu Ekonomi

- 19 Desember 2021, 21:39 WIB
Ilustrasi ekonomi.
Ilustrasi ekonomi. /Pexels/burak-k

PRIANGANTIMURNEWS – Ilmu Ekonomi merupakan salah satu bidang dari Ilmu Pengetahuan yang memiliki cakupan sangat luas sekali.

Pada dasarnya setiap ekonom dalam mengartikan Ilmu Ekonomi itu sama di antara satu ekonom dengan lainnya.

Seperti dikutip priangantimurnews.com daru buku berjudul Buku Teori Ekonomi karya  Syafaatul Hidayati, ada tiga hal pokok yang terdapat dalam Pengertian Ilmu Ekonomi, yaitu kelangkaan (Scarcity), kemakmuran (prosperity), dan kepuasan (satisfaction).

Baca Juga: Peringatan untuk Jutaan Pengguna iPhone atas Pembaruan Bluetooth iOS 15 yang 'Berbahaya'

Ilmu Ekonomi sudah ada sejak Aristoteles (350 SM), akan tetepi baru menjadi suatu disiplin ilmu tersendiri sejak tahun 1776 melalui tokoh pelopor seorang ekonom inggris yakni Adam Smith seorang yang dianggap sebagai bapak Ilmu Ekonomi.

Perkembangan Ilmu Ekonomi bermula setelah  Adam Smith  menuangkan pemikirannya dan menerbitkannya dalam salah satu bukunya yang berjudul ‘An into the nature and cause of the wealth of nation. Bahkan sampai saat ini beberapa pandangan beliau masih tetap mendapatkan perhatian dari ahli ekonom.

Banyak pemikiran yang mengemukakan permasalahan ekonomi yang selalu dihadapi oleh negara, bahakan sebelum Adam Smith. Namun sayang sekali tulisan para ekonom tersebut tidak dapat dikemukakan dengan baik secara sistematis.

Baca Juga: Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2020 Antara Hidup dan Mati

Salah satu faktor penyebabnya kerena masih sangat terbatasnya topik yang dibahas oleh mereka. Selain itu juga masih belum ada analisis secara menyeluruh tentang segala aspek kegiatan ekonomi yang berkembang di masyarakat.

Dengan keterbatasan tersebut menjadikan pemikiran ekonomi masih belum bisa dikatakan berdiri sendiri.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Buku teori ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x