Ini Asal Usul Soeharto, Presiden ke-2 Republik Indonesia, Ternyata Ayahnya Seorang...

- 27 Mei 2022, 17:00 WIB
Presiden kedua Indonesia, Soeharto.
Presiden kedua Indonesia, Soeharto. /Antara/Alianwar

PRIANGANTIMURNEWS - Siapa yang telah kenal Soeharto. Selain dikenal sebagai penguasa 32 tahun, dia juga dikenal presiden yang cukup berpengaruh pada masanya.

Berikut adalah kisah hidup Soeharto sebagaimana dituturkannya dalam buku Soeharto: Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya.

Ingatan saya tentang perjalanan hidup ini bermula ketika saya berumur tiga tahun. Waktu itu, saya sudah bersama Mbah Kromodiryo, dukun yang biasa menolong orang yang melahirkan.

Baca Juga: Waduh! Kadisdik Tasikmalaya Himbau, Studi Tour dan Kegiatan Sejenis Tak Boleh Keluar Jabar

Nama panggilannya adalah Mbah Kromo, adik kakek saya, Ibu Sukirah, sewaktu melahirkan saya.

Maka, beliau pun bercerita bahwa saya dilahirkan pada tanggal 8 Juni tahun 1921 di rumah orang tua saya yang sederhana, di Desa Kemusuk, dusun terpencil di daerah Argomulyo, Godean, sebelah barat Kota Yogyakarta.

Ayah saya, Kertosudiro, adalah ulu-ulu, petugas desa pengatur air, yang bertani di atas tanah lungguh, tanah jabatan selama beliau memikul tugasnya itu. Beliau yang memberi nama Soeharto kepada saya.

Baca Juga: Pemain dengan Penampilan Terbanyak di Final UCL 2020-2021

Saya adalah anak ketiga. Dari istri yang pertama, beliau mempunyai dua anak. Sebagai duda, beliau menikah lagi dengan ibu saya. Tetapi, hubungan orang tua saya kurang serasi hingga akhirnya setelah saya dilahirkan, mereka bercerai.

Beberapa tahun kemudian, Ibu Sukirah menikah lagi dengan seseorang yang bernama Atmopawiro. Pernikahannya ini melahirkan tujuh orang anak. Sementara itu, ayah saya pun menikah lagi dan mendapatkan empat anak lagi.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Buku Dunia Batin 2 Macan Asia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x