IPB Segera Buka Fakultas Kedokteran, Ini Tanggapan Bima Arya

- 31 Juli 2023, 11:00 WIB
Kampus IPB
Kampus IPB /Instagram @infoipb/@azroel3/

PRIANGANTIMURNEWS - Institut Pertanian Bogor (IPB) rencananya akan membuka Fakultas Kedokteran, program studi pendidikan dokter.

Alasanya pendirian Fakultas Kedokteran untuk menjawab kebutuhan tenaga kesehatan di Indonesia.

Rektor IPB University Arif Satria menyebutkan beberapa alasan didirikan fakultas kedokteran di IPB University, salah satu menjawab kebutuhan tenaga kesehatan di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Madsaz: Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi yang Diciptakan Dosen IPB

Selain itu kata dia, selama ini bidang kesehatan atau biomedis menjadi topik penelitian terbanyak di IPB University setelah bidang pangan.

“Dalam sepuluh tahun terakhir, sebanyak 1.825 publikasi IPB University adalah dalam bidang kesehatan dan biomedis. Ini menunjukkan bahwa concern (perhatian) kita di bidang kesehatan sudah sangat banyak,” kata Arif.

Arif juga menyeleskan beberapa di antara inovasi IPB University dalam bidang kesehatan, yakni Kit ELISA dan InventPro. Peran IPB University dalam penanganan pandemi COVID-19 juga menjadi penguat alasan didirikan fakultas kedokteran. 

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa IPB Bogor Jadi Korban Penipuan Pinjaman Online, Ini Penjelasan Wakil Rektor


Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menyambut baik usaha IPB University membuka fakultas kedokteran di tengah kebutuhan tenaga kesehatan yang meningkat.

"IPB sudah cukup pantas memiliki fakultas kedokteran, tentu ini akan menjadi kebanggaan warga Kota Bogor juga, tenaga kesehatan juga meningkat, jadi kalau ada faktultas kedokteran bisa memberi kontribusi ke depan," kata dia di Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x