Pemilu 2024, PAN dan PPP Berpotensi tak Lolos Ambang Batas Parlemen

- 24 Mei 2023, 16:00 WIB
Jumpa pers Dewan Pengurus Pusat PAN usai mendaftarkan calon legislatifnya ke KPU RI. ANTARA/Boyke Ledy Watra/am.
Jumpa pers Dewan Pengurus Pusat PAN usai mendaftarkan calon legislatifnya ke KPU RI. ANTARA/Boyke Ledy Watra/am. /

PRIANGANTIMURNEWS - Arah kebijakan politik antara pengurus partai politik di pusat dengan arus bawah  kadang tidak sinkron.

Bila itu terjadi bisa menjadi ancaman bagi partai politik, busa berpotensi tidak lolos ambang batas parlemen pada pemilu 2024.

Menurut  pakar politik sekaligus akademikus Universitas Bengkulu Dr. Panji Suminar menyebutkan dua partai politik yaitu PAN dan PPP berpotensi tidak lolos ambang batas parlemen pada Pemilu legislatif 2024.

Baca Juga: Kata Mahfud MD: Jangan Bubarkan Parpol, Kenapa? Ini Penjelasannya!

"PAN dan PPP bisa tidak lolos ambang batas parlemen melihat arah kebijakan pengurus pusat dengan arus bawah atau akar rumput dua parpol ini," kata Dr. Panji Suminar di Bengkulu, Rabu 24 Mei 2023.

Dikatakan Panji arah kebijakan DPP dua parpol tersebut lanjut dia lebih mendekat pada politik kekuasaan sedangkan arus bawahnya bergerak sebaliknya.

Dalam Pemilu 2024, kata Panji DPP dua parpol itu  lebih condong pada sosok Ganjar sebagai calon presiden seperti sikap yang ditujukan oleh para elite mereka.

Baca Juga: PAN Dukung Penuh Erick Thohir sebagai Cawapres pada Pemilu 2024

"Sedangkan akar rumput lebih ke Prabowo dan Anies Baswedan, ini tentu memengaruhi perolehan suara dua parpol tersebut nantinya. PPP dan PAN pun tidak akan efektif kalau mengharapkan efek ekor jas dari sosok Ganjar," ucap dia.

 Apalagi, PAN kata dia juga akan dipusingkan dengan hadirnya Partai Ummat yang juga lolos berkontestasi pada Pemilu 2024 ini.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x