Siapa Lebih Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud atau Ridwan Kamil, Ini Jawabannya

- 18 September 2023, 14:00 WIB
Foto unggahan Ganjar saat ngopi bareng Mahfud MD,
Foto unggahan Ganjar saat ngopi bareng Mahfud MD, /

PRIANGANTIMURNEWS - Menko Polhukam Mahfud MD dinilai lebih berpeluang menjadi bakal calon wakil presiden (bakal cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 daripada Ridwan Kamil (RK).

Penilaian itu disampaikan oleh
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komaruddin.

"Saya menilai Mahfud lebih berpeluang menjadi bakal cawapres mendampingi Ganjar, sedangkan peluang Ridwan Kamil lebih kecil," kata Ujang di Jakarta, Minggu 17 September 2023.

Baca Juga: Ganjar Pranowo dan Muhaimin Iskandar Telah Mengantongi SKCK dari Baintelkam Polri

Dia mengatakan Mahfud lebih berpeluang mendampingi Ganjar karena memiliki kelebihan antara lain disukai kalangan milenial, berasal dari Nahdlatul Ulama (NU), Ketua Dewan Pakar Majelis Nasional KAHMI, dan dekat dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sementara itu, menurut dia, peluang Ridwan Kamil lebih kecil karena Partai Golkar sudah tegas menyatakan bahwa mantan Gubernur Jabar itu bukan sosok bakal cawapres yang diusulkan partai tersebut.

"Itu artinya mempersempit ruang bagi Ridwan Kamil untuk menjadi bakal cawapres mendampingi Ganjar. Sudah jelas bahwa RK disiapkan Golkar untuk Pilkada di Jabar atau DKI Jakarta," ujarnya.

Selain itu, Ujang meyakini sosok Mahfud, dengan beberapa kelebihannya, dapat "menambal" kekurangan Ganjar dalam kontestasi Pilpres 2024.

Baca Juga: Mahfud MD Menilai Pemanggilan Muhaimin Iskandar oleh KPK Bukan Politisasi Hukum

Namun untuk meningkatkan elektabilitas, menurut dia, harus dilihat secara objektif karena belum dideklarasikan sehingga tidak dapat dilihat secara terukur.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x