Cara Memanfaatkan Pekarangan Rumah Supaya Menghasilkan

- 9 Februari 2021, 18:50 WIB
Kangkung hidroponik
Kangkung hidroponik /PIXABAY/

PRIANGANTIMURNEWS - Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Namun sebagian besar pemilik lahan belum memanfaatkannya secara maksimal.

Sebagian besar masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya. Padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga.

Lahan pertanian di Indonesia setiap tahunnya semakin berkurang dan menyempit. Lahan pertanian produktif untuk menanam padi, palawija, serta buah-buahan, kini banyak yang beralih fungsi menjadi pabrik dan kavling perumahan.

Baca Juga: Sosok Mayat Laki-laki Tanpa Identitas Ditemukan di Tengah Laut Pangandaran

Hidroponik adalah salah satu cara memanfaatkan lahan di pekarangan dengan dengan menggunakan media air sebagai pengganti tanah. Sistem ini banyak digunakan dan oleh masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

Cara ini dapat mengurangi risiko, seperti gangguan serangga, jamur, dan bakteri yang hidup di tanah. Sistem ini juga lebih mudah dalam pemeliharaan seperti tidak melibatkan proses penyiangan dan pengolahan tanah.

Selanjutnya proses budidaya dilakukan dalam kondisi lebih bersih tanpa menggunakan pupuk kotoran hewan, sehingga kebersihan pekarangan rumah dapat selalu terjaga.

Baca Juga: Sinetron Ikatan Cinta Episode 156 Malam Ini, Rumah Tangga Aldebaran dan Andin Terancam

Dikutip Priangantimurnews.com dari saferbrand.com, berikut jenis tanaman yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik:

1. Selada
Selada merupakan tanaman yang paling umum ditanam dengan sistem hidroponik, karena dapat tumbuh dengan sangat cepat dalam di atas media air. Perawatannya pun tidak sulit. Tanaman ini sangat cocok untuk pemula.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah