Pakai Kabel Charger Tidak Orisinil, Baterai Handphone Bisa Meledak

- 11 Februari 2021, 22:52 WIB
Penggunaan  Charger tidak orisinal bisa membuat baterai meledak
Penggunaan Charger tidak orisinal bisa membuat baterai meledak /Priangantimurnews/Bukalapak/

PRIANGANTIMURNEWS - Perangkat handphone atau telepon seluler adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap.

Tetapi dapat dibawa ke mana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.

Penggunaan seluler sudah menjadi hal yang wajib dibawa bagi setiap manusia dibelahan bumi manapun. Kemudahan yang disajikan oleh mobile phone ini, membuat penggunanya sepeti menggenggam dunia di tangannya.

Baca Juga: Imlek 2021, Tahun Kerbau Logam Pertanda Bangkitnya Perekonomian

Setiap telepon seluler, dilengkapi dengan baterai, kabel penambah daya (charger), dan boks ketika pertama kali membelinya.

Kelengkapan tersebut diharuskan sesuai dengan merek juga keasliannya, karena dapat memperpanjang usia penggunaan dari seluler tersebut.

Bila tidak, bukan hanya dapat merusak seluler, beberapa kasus kematian pun terjadi akibat kelalaian pengguna karena tidak menggunakan kelengkapan yang asli, dalam hal ini yakni kabel penambah daya.

Baca Juga: 9 Jenis Olahraga yang Aman  untuk Lansia Beserta Manfaatnya

Perangkat seluler terkadang mengalami korsleting arus listrik saat digunakan untuk menelepon atau menerima telepon pada saat sedang mengisi ulang baterai. Korsleting tersebut menyebabkan pengguna dapat tersengat arus listrik atau yang terburuk adalah meledak.

Dikutip Priangantimur dari laman The Asianparent, menggunakan seluler dalam kondisi sedang diisi daya baterainya pada dasarnya aman, selama keaslian kabel memenuhi standar.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x