Kemenkominfo Targetkan Layanan 5G di Indonesia Terealisasikan Tahun 2024

- 30 April 2021, 11:55 WIB
Handphone dengan layanan jaringan 5G di masa depan.
Handphone dengan layanan jaringan 5G di masa depan. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS– Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) saat ini tengah melakukan percepatan rencana penggelaran jaringan 5G di Indonesia.

Kemenkominfo mentargetkan layanan 5G di Indonesia terrealisasikan pada tahun 2024. layanan 5G adalah layanan komunikasi yang dikhususkan terlebih dahulu untuk 13 wilayah.

Namun, proses pelaksanaan dan penerapannya dilakukan dengan cara bertahap dan terbatas di 13 wilayah yang ada di Indonesia, yaitu Ibu Kota baru/ Ibu Kota Negara (IKN), 6 Ibu Kota Provinsi di pulau Jawa, 5 destinasi wisata superprioritas, dan 1 industri manufaktur.

Baca Juga: Provinsi Jawa Barat Lakukan 158 Titik Penyekatan, Dimulai Jalur Alteri Hingga Jalan Tikus

13 wilayah pelaksana layanan 5G ini dilansir Priangantimurnews.com Pikiran Rakyat dari @indonesiabaik.id yang diunggah untuk menyampaikan informasi penyebaran pelaksana layanan 5G.

Dalam unggahannya tersebut, Kemenkominfo sedang berupaya mempercepat 13 wilayah yang menjadi sasaran lokasi spektrum 5G. Upaya ini dinilai penting untuk memenuhi kebutuhan spektrum frekuensi 2.047 MHz guna pemanfaatan jaringan seluler broadband baik 4G maupun 5G pada tahun 2024 di semua lapisan.

Perlu diketahui, saat ini Indonesia tengah menggunakan layanan 4G di wilayah-wilayah yang bisa diakses seperti wilayah Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan wilayah lainnya.

Layanan 4G dapat dinikmati di seluruh pulau Jawa yaitu Provinsi Jawa Timur, Jaww Barat, Banten, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta, meskipun layanan 4G terkadang tidak bisa diakses di pedesaan yang jauh belum memiliki akses jaringan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lakukan Dialog Pertanian dengan Warga Malang Sekaligus Peninjauan Bahan Pokok

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: indonesiabaik.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah