Kenapa Rating Facebook ‘Nyungsep’ Hingga 2,3 di Play Store, Mari Simak Ulasannya

- 30 Juni 2021, 14:10 WIB
Tangkapan layar rating Facebook pada laman Google Play Store.
Tangkapan layar rating Facebook pada laman Google Play Store. /PRIATIM PRMN/ANDI NURRONI/

PRIANGANTIMURNEWS- Peringkat ulasan Facebook di Google Play Store mengalami penurunan signifikan hingga mencapai 2,3 dari 5 pada Selasa 29 Juni 2021.

Rating raksasa media sosial itu nyungsep sejak Mei lalu setelah dituding bias dalam menyensor informasi seputar konflik Palestina-Israel.

Pantauan PRIANGANTIMURNEWS di laman Play Store, Selasa (29 Juni 2021), 118 juta pengguna tercatat meninggalkan jejak ulasan.

Jumlah pengguna yang yang memberikan satu bintang terlihat mendominasi daripada pengguna yang meemberikan lima bintang.

NBC News Pada 23 Mei 2021, melaporkan rating Facebook turun hingga 2,3 dari 5 akibat kampanye yang dikoordinir para aktivis pro Palestina.

Baca Juga: PBB Mendukung Penyelidikan Pembunuhan Iran Tahun 1988, Ungkit Peran Ebrahim Raisi di Masa Lalu

Tindakan Facebook menyensor akun dan pos yang membela Palestina dianggap kesewenang-wenangan.

Di internal Facebook sendiri, gerakan menurunkan rating di Play Store dan App Store dianggap sebagai masalah serius yang dikategorikan sebagai SEV1 atau 'severity 1' (masalah pelik tingkat 1), satu tingkat di bawah kategori SEV0, yakni ketika website Facebook dalam kondisi down atau tumbang.

Meskipun gerakan penurunan rating secara global bersifat politis, ulasan pengguna berbahasa Indonesia sendiri lebih didominasi oleh keluhan-keluhan bersifat teknis, seperti isu aplikasi yang terlalu berat serta penonaktifan akun yang dianggap tidak adil.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: NBC News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah