Sebuah Karya Seni Digital Berhasil Terjual Seharga 70 Juta Dollar di Christie's

- 12 Maret 2021, 17:46 WIB
Salah satu karya digital yang dilelang di Christie's
Salah satu karya digital yang dilelang di Christie's / Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS – Sebuah karya seni digital berhasil terjual hampir 70 juta dollar di Christie's pada hari Kamis, 11 Maret 2021 dalam penjualan pertama oleh rumah lelang besar sebuah karya seni yang tidak ada dalam bentuk fisik.

"Everydays - The First 5000 Days" adalah karya digital seniman Amerika Mike Winkelmann, yang dikenal sebagai Beeple.

Karya seni ini merupakan kolase dari 5.000 gambar individu, yang dibuat satu per hari selama lebih dari tiga belas tahun.

Baca Juga: Ratusan Warga Batukaras Geruduk Mapolsek Cijulang, Meminta Lepaskan warganya yang Dituduh Mencuri Kelapa

Penjualan karya itu tepatnya seharga 69.346.250 dollar menempatkan Beeple di tiga besar artis paling berharga yang masih hidup, kata Christie dalam sebuah tweet.

Karya tersebut dituangkan dalam bentuk aset digital jenis baru - Token Non-Fungible (NFT) - artinya diautentikasi oleh blockchain, yang mengesahkan keaslian dan kepemilikannya.

Pasar NFT telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir karena para peminat dan investor menggunakan tabungan cadangan untuk membeli barang-barang yang ada secara online.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Candi Borobudur Merupakan Wajah Bangsa Indonesia, Berikut Penjelasannya

Bulan lalu, klip video 10 detik yang menampilkan gambar Donald Trump yang jatuh, juga oleh Beeple, dijual seharga 6,6 juta dollar di pasar NFT bernama Nifty Gateway.

"Tanpa NFT, secara sah tidak ada cara untuk mengumpulkan seni digital," kata Beeple, yang membuat seni digital dengan tema seperti teknologi, kekayaan, dan politik Amerika.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x